Search
Close this search box.
Maktabah Syamilah

Penelitian Kitab Klasik Melalui Program Fath Kutub Al-Turats

Penelitian Kitab Klasik Melalui Program Fath Kutub Al-Turats

Maktabah Syamilah
Maktabah Syamilah

Al-Turats adalah apa-apa yang ditinggalkan (wariskan) orang-orang terdahulu bagi generasi setelahnya dari akidah (keyakinan), kebudayaan beik bersifat madiyah/materi (seperti segala sesuatu, bangunan, peninggalan, kejadian-kejadian dan lain-lain) dan yang bersifat ma.nawiyah (seperti keyakinan, ilmu pengetahuan, sastra, nilai-nilai dan lain-lain)

Maktabah Syamilah
Maktabah Syamilah

Rabu, 14 Februari 2018 adalah hari pembukaan agenda Fath Kutub Al-Turats, di Aula Kampus 3 Putra. Istilah Fath Kutub Al-Turats sudah sangat akrab terdengar dikalangan Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Karena agenda tersebut menjadi agenda wajib yang khusus diadakan untuk santri akhir kelas 6 TMI. Agenda ini juga menjadi salah satu syarat kelulusan mereka. Tahun ini adalah tahun ke empat diadakannya agenda Fath Kutub.

Tata Cara Pembuatan Makalah
Tata Cara Pembuatan Makalah

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Pimpinan Pesantren K.H. Jamhari Abdul Jalal,Lc seluruh pembimbing kelompok, panitia dan para peserta yang sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara. Terhitung sampai 48 kelompok dari 237 peserta yang terdiri dari tingkat MA (Madrasah Aliyah) maupun SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Telah hadir juga Ustadz Kadafhi Hamdi, M.A yang akan menyampaikan materi “Tata Cara Penulisan Makalah”. Selain beliau juga telah hadir Ustadz Mustofa Zahir, Lc dengan materi “Pengenalan Fath Kutub & Penentuan Judul Makalah”

Acara dimulai dengan do’a bersama agar seluruh rangkaian acara bisa berjalan dengan lancar. Setelah itu adalah sambutan yang disampaikan oleh Pimpinan Pesantren mengenai pentingnya belajar kitab klasik menggunkan sistem modern. “Ikuti agenda ini dengan baik, karena agenda Fath Kutub adalah salah satu wahana latihan kalian untuk menyusun skripsi. Karena nantinya kalian akan memasuki jenjang perkuliahan yang lebih tinggi” jelas Pimpinan terhadap para peserta. Terakhir adalah pembacaan tata tertib Fath Kutub yang dibacakan oleh Ustadz Najmudin selaku Ketua Pelaksana. (Wardan/Mbafer)

 

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah