Pendidikan Karakter
Menu

Pendidikan Karakter

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pesantren merupakan tulang punggung pendidikan karakter bangsa Indonesia. Bahkan pada awal tahun 2011 ini, Menteri pendidikan Nasional, M.Nuh, mencanangkan bahwa sistem pendidikan nasional harus mulai menerapkan dan mencontoh penerapan pendidikan karakter bagi generasi muda.

Dalam prakteknya, pendidikan karakter tak lain daripada pembinaan akhlaq santri. Konsentrasi pendidikan pesantren bukanlah bertitik berat di sisi akademik semata (seperti yang dilakukan oleh sekolah-sekolah umum), tetapi lebih mengedepankan KESEIMBANGAN antara sisi akademik dengan pembinaan akhlaq karimah, pengembangan mental serta moral generasi muda.

Layaknya sebuah bawang dengan lapisan-lapisannya (layers). Karakter dan mental yang merupakansoft skill dari manusia merupakan bekal utama dan hal terpenting yang harus di bina. Keahlian, keterampilan serta kemampuan akademik merupakan lapisan luar yang melengkapi lapisan terdalam dari seorang santri; mental dan moral.

Mental dan moral inilah yang akan menjadi penentu bagi keberhasilan seseorang. Lapisan terdalam (core) inilah yang akan mengarahkan seseorang untuk apa dan bagaimana menggunakan keahlian, ketrampilan serta kemampuan akademiknya. Apakah digunakan untuk menegakkan kebenaran, atau membelokkan kebenaran.

Mental dan moral ini biasa disebut sebagai “akhlak” dalam terminologi pendidikan Islam.

Dan inilah yang menjadi fokus pendidikan di Pesantren kami.

Wallahu a’lam bisshowab.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait