Pencuri Shalat

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

blank

yah kita berbicara  lagi mengenai shalat. karena  shalat merupakan amal ibadah yang wajib dilaksanakan oleh kita sebagai seorang muslim. namun di sini kita akan berbicara tentang orang yang mencuri shalat. mungkin terdengar agak aneh, karena biasanya mencuri itu lebih condong kepada yang berwujud saja. tapi ternyata dalam hal shalat pun bisa dicuri. dan tanpa kita sadari mungkin hal ini pernah terjadi dalam sholat kita. mari kita simak hadits Nabi saw. di bawah ini :

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :” أَسْوَأُ النَّاسِ سَرِقَةً الَّذِي يَسْرِقُ مِنْ صَلَاتِهِ قَالَ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَكَيْفَ يَسْرِقُ الصَّلَاةَ ؟ قَالَ لَا يَتِمُّ رُكُوْعَهَا وَلَا سُجُوْدَهَا, أَوْ قَالَ لَا يُقِيْمُ صُلْبَهُ فِي الرُّكُوْعِ وَالسُّجُوْدِ (رواه الدارمي, وفي الترغيب رواه أحمد الطبراني وابن خزيمة في صحيحه وقال صحيح الإسناد)

Dari Abdullah bin Abi Qatadhah ra. dari ayahnya, Rasulullah saw. Bersabda : “seburuk-buruk manusia sebagai pencuri yaitu seseorang mencuri dalam shalatnya. Sahabatnya bertanya “ya Rasulullah, bagaimana ia mencuri dalam shalat ?”Beliau menjawab “Ia tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya.Atau sabdanya, “ia tidak meluruskan punggungnya ketika ruku’ dan sujud.” (Ahmad, Tabrani)

 

Yang pertama kali kita perhatikan dari hadits ini adalah bahwa pencuri adalah perbuatan yang hina dan pencuri itu akan dipandang hina oleh orang-orang. Namun, diberitahukan bahwa pencuri yang paling buruk adalah mereka yang tidak sempurna ruku’ dan sujudnya dalam shalat.

Abu Darda berkata : pernah Rasulullah saq. Memandang ke langit, lalu bersabda : “sekarang hamper terlihat ilmu akan dicabut dari dunia”. Sahabat Ziyad ra.bertanya “bagaimana ilmu akan dicabut sedangkan kita masih membaca Al-Qur’an dan kami pun mengajarkan Al-Qu’an kepada anak-anak kami dan terus akan kami lakukan hal itu”. Nabi saw. Bersabda “wahai Ziyad !saya selalu menganggapmu sebagai orang bijak. Kaum yahudi dan nasrani juga mengajarkan taurat dan injil. Apakah menjadikan mereka maju ?”. murid Abu Darda setelah mendengar hadits tersebut pergi ke sahabat lainnya, yaitu ubadah ra. lalu memabacakan hadits Abu Darda itu kepadanya. Beliau berkata “ Abu Darda benar ! maukah kamu aku beritahukan apa yang pertama kali akan dicabut dari dunia fana ini ? yang pertama kali akan dicabut ialah khusyu’ dalam shalat. Kelak kamu akan melihat dalam suatu masjid yang besar tidak seorang pun yang khusyu’ dalam shalatnya”.

 

kita memohon kepada Allah agar selalu diberikan hidayah dan taufiq-Nya agar kita mampu melaksanakan  shalat dengan sempuna. amin

Semoga bermanfaat. (dn.com/as)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir