Penampilan Marching Band

Penampilan Marching Band Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Penampilan Marching Band Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Marching Band adalah salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang ada di pesantren putri al-hasanah darunnajah 9 pamulang. Penampilan marching band ini merupakan yang ke-3 kali nya yang diundang oleh kecamatan Pamulang ini.

Sebagai salah satu kegiatan yang menarik perhatian, karena dengan tampilan yang unik dan menampilkan kreasi yang bagus pula yang menjadikan ekstrakulikuler ini menarik.

Marching Band adalah sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama. Penampilan drumben merupakan kombinasi dari permainan musik (tiup, dan perkusi) serta aksi baris-berbaris dari pemainnya. Umumnya, penampilan Drumben dipimpin oleh satu atau dua orang komandan lapangan dan dilakukan baik di lapangan terbuka maupun lapangan tertutup dalam barisan yang membentuk formasi dengan pola yang senantiasa berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi terhadap lagu yang dimainkan, dan diiringi pula dengan aksi tarian yang dilakukan oleh sejumlah pemain bendera.

Penampilan marching band ini pada mulanya adalah sebagai pengiring parade perayaan ataupun festival yang dilakukan di lapangan terbuka.

Instrumen yang digunakan dalam penampilan marching band umumnya dapat dikelompokkan pada beberapa kategori menurut jenis dan cara memainkannya. Pengelompokkan ini secara tidak langsung pula memengaruhi struktur organisasi kepelatihan yang umumnya dispesifikasikan menurut kategori-kategori tersebut, masing-masing kategori memiliki pelatih tersendiri. Selain kepelatihan, pengelompokkan ini umumnya berpengaruh pula pada perilaku sosial para pemain yang terlibat dengan menciptakan kelas-kelas sosial non-formal yang membentuk kebanggaan kelompok.

Kompetisi umumnya menjadi perangsang atas kemajuan drumben di Indonesia. Dengan adanya kompetisi ini, masing-masing drumben umumnya berupaya untuk mengembangkan, atau mengadaptasikan teknik-teknik permainan tertentu untuk menunjukkan kemampuan grup drumben tersebut, atau menciptakan satu keunikan yang berbeda sehingga menjadi ciri khas penampilan suatu drumben. Skala kompetisi ini bisa mencakup tingkat daerah, provinsi, ataupun nasional. Di Indonesia terdapat cukup banyak ajang kejuaraan tingkat nasional yang diselenggarakan, namun yang umumnya frekuentif diselenggarakan secara konsisten adalah Grand Prix Marching Band.