Menu

Pemberangkatan Kafilah PDPM 2014

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Allahu Akbar!

Rabu(30/04/14) Alhamdulillah Tiba saatnya seluruh santri kelas akhir/kelas XII MA Pesantren Darunnajah Cipining ikuti kegiatan PDPM (Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat) sebagai bentuk pembelajaran bersosialisasi dengan terjun langsung di dunia masyarakat. Setelah berhasil mengikuti rangkaian yang ada seperti pembekalan, latihan dan lain sebagainya kini para peserta/ kafilah PDPM akan di berangkatkan ke lokasi yang telah di tentukan oleh panitia.

Pukul 08.00 WIB seluruh santri MTs, SMP, MA, SMK sekaligus para peserta dikumpulkan di lapangan Kampus 1 guna ikuti Upacara pelepasan pemberangkatan para kafilah ataupun para kelompok PDPM. Upacara tersebut dihadiri langsung oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining yakni K.H. Jamhari Abdul Jalal Lc, selain itu dihadiri pula oleh Ka. Biro Pendidikan yakni Ust. Faruq Absori S.Pd.I, Kepala Sekolah MA yakni Ust. Musthofa Kamal M.Ag, Ka. Biro Dakwah dan Humas yaitu Ust. Katena Putu Ghandi S.Pd.I,  berikut dengan segenap jajaran dewan guru.

upacara pelepasan tersebut dibuka oleh Ust. Imam Ghozali selaku Mc. Setelah itu acara di lanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Darunnajah yang nyanyikan oleh seluruh peserta maupun santri yang lainnya dan disusul dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ust. Husnul Mubarok selaku ketua Panitia, dalam hal ini beliau menyampaikan  Tata tertib dan larangan bagi para peserta PDPM 2014.

Adapun Kewajiban bagi peserta PDPM diantaranya:

  1. Setiap peserta wajib mentaati perintah Allah dan mengikuti sunnah Rasulallah dengan semaksimal mungkin
  2. Setiap peserta wajib menjaga nama baik dirinya, kelompoknya dan pesantren darunnajah cipining.
  3. Setiap peserta wajib mengikuti rangkaian kegiatan PDPM dengan sempurna dari awal hingga akhir
  4. Setiap peserta wajib menempati tempat ahlul bait yang telah ditentukan oleh panitia
  5. Setiap peserta wajib menjaga kebersihan, kerapihan tempat tinggal lingkungannya, juga menghemat penggunaan listrik dan air
  6. Setiap peserta wajib berpakaian dan berpenampilan islami; tidak berkuku panjang dan dan tidak berambut gondrong (putra)
  7. Setiap peserta wajib berbicara dengan bahasa yang islami; sopan dan bermanfaat
  8. Setiap peserta wajib mengisi laporan kegiatan pribadi setiap hari dengan baik dan benar
  9. Setiap peserta terutama putra, wajib sholat berjama’ah di masjid. Kecuali ada udzur Syar’i
  10. Setiap ketua wajib memberikan informasi tentang progress kegiatan kelompoknya kepada panitia setiap hari
  11. Setiap kelompok wajib menyusun laporan kegiatan PDPM setiap hari yang akan dievaluasi oleh panitia
  12.  Setiap kelompok wajib mengadakan evaluasi dan konsultasi setiap hari.

Adapun Larangan Bagi Peserta PDPM diantaranya:

  1. Setiap peserta dilarang meninggalkan lokasi PDPM tanpa izin panitia
  2. Setiap peserta dilarang mengikuti kegiatan lain yang bukan termasuk program PDPM atau tidak mempunyai relevansi dengan PDPM, contohnya: begadang, online/internetan hingga larut malam
  3. Setiap peserta dilarang menerima tamu selain anggota keluarganya, panitia atau dewan guru darunnajah cipining dan tokoh masyarakat serta aparat pemerintah setempat
  4. Setiap peserta dilarang menggunakan barang-barang milik tuan rumah, antara lain; hp, TV, Laptop, Kipas Angin, Radio, Alat Music dsb tanpa seizin mereka
  5. Setiap peserta dilarang merokok, nongkrong, begadang baik secara personal terlebih secara massal
  6. Setiap peserta dilarang keras mengguanakan kendaraan roda dua dan empat kecuali atas seizin pemiliknya dan telah memiliki surat izin mengendarai (SIM)
  7. Setiap peserta putra dilarang mengunjungi pesrta putri pun sebaliknya
  8. Setiap peserta dilarang mempromosikan partai, halaqoh atau ormas tertentu baik dengan lisan maupun tulisan
  9. Setiap ketua kelompok dilarang untuk mengambil keputusan atau kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan panitia atau pesantren
  10. Setiap kelompok dilarang saling mengganggu dan berkompetisi dengan cara tidak islami

Demikian tata tertib ini dibuat agar ditaati sehingga masing-masing peserta dan kelompok mendapatkan hasil maksimal dalam program PDPM ini. Setiap pelanggaran terhadap disiplin tersebut akan diberikan sanksi edukatif konstruktif, semoga Allah selalu membimbing dan meridhoi langkah perjuangan da’wah kita semua. Amin!

Setelah usai, Dilanjutkan dengan sambutan yang di sampaikan oleh Ust. Katena Putu Ghandi S.Pd.I, dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan banyak berterimakasih kepada seluruh dewan guru yang telah membimbing, mendidik dan mendukung penuh para santri dalam hal mempersiapkan diri untuk terjun dalam kegiatan PDPM tahun ini. semoga para peserta diberikan kemudahan dalam setiap langkah dengan tujuan berdakwah di jalan Allah serta kelancaran untuk melaksanakan kegiatan PDPM dengan baik dan benar hingga penulisan laporan kegiatan nanti. Tak hanya itu harapannya kegiatan ini mampu  memberikan pengaruh positif bagi seluruh para peserta khususnya dan menjadi kegiatan wajib pesantren yang akan selalu berkembang dan bermanfaat di setiap tahunnya.

Setelah itu disusul dengan sambutan yang di sampaikan langsung oleh K.H. Jamhari Abdul Jalal Lc. “Alhamdulillah sampai detik ini Pondok Pesantren Darunnajah Cipining masih bisa melaksanakan kegiatan wajib tahunan bagi santri kelas akhir yakni PDPM, mengapa wajib? Karna PDPM merupakan salah satu cara untuk menjadi bahan pembelajaran para santri dalam mengarungi kehidupan yang sesungguhnya di masyarakat nanti. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu mempersiapkan santri untuk mencetak generasi yang IMAMA yakni Imam, Muttaqien, ‘Alim, Mubaligh, ‘Amil. disamping itu dalam kegiatan PDPM berlangsung para santri agar dapat beradaptasi dengan lingkungan atau masyarakat setempat dengan baik, mampu menjaga kekompakkan/kesemangatan  antar kelompok, menjaga nama baik pesantren dan juga tetap memaksimalkan amalan sunnah yang ada di pesantren. Yang terakhir semoga tahun ini peserta PDPM dapat memberikan kesan dan kenangan yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya salah satunya dengan mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat .”

Setelah sambutan yang disampaikan oleh pimpinan pesantren usai acara langsung disusul dengan Do’a. Acara ditutup dengan Tashfahan atau Bersalam-salaman oleh para peserta PDPM kepada pimpinan pesantren dan segenap dewan guru. Bersama panitia mereka bersiap-siap meninggalkan pesantren darunnajah menuju lokasi masing masing.

Selamat berjuang para peserta PDPM 2014!

(WARDAN/Annisa)

 

 

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait