Karakter anak di asrama cilik terbentuk dengan kegiatan kegiatannya

 

Kegiatan kegiata untuk pembentukan karakter anak di asrama cilik

Kegiatan kegiata untuk pembentukan karakter anak di asrama cilik

Asrama cilik di Pondok Darunnajah mempunyai kegiatan rutin untuk membentuk karakter anak sebagai generasi penerus bangsa yaitu sebagai berikut :

  1. Bangun pagi sebelum subuh
  2. Mandi pagi
  3. Menghafal Al Quran di pagi hari
  4. Sholat tepat waktu
  5. Muhadhoroh
  6. Imla’
  7. Menulis Khot

 

Bangun pagi sebelum subuh

Bangun pagi sebelum subuh

Bangun pagi sebelum subuh

Bangun pagi dapat membuat anak lebih menghargai waktu, ketika anak bangun lebih awal dan kita ajarkan pekerjaan yang bermanfaat seperti Sholat fajar, sholat Subuh tepat waktu, mandi pagi tadarus Al Quran atau menghafal Al Quran, itu semua perkerjaan untuk mengawali kegiatan anak ketika pagi

Dengan bangun sebelum subuh anak mendapatkan rezeki berupa udara yang masih segar, dengan udara segar anak akan menghirup udara tersebut dan itu baik untuk paru paru dan orang tua yang sering menghirup udara segar di pagi hari tidak akan mudah lupa atau pikun dibandingkan dengan orang tua yang tidak pernah menghirup udara segar di pagi hari

Mandi pagi

Mandi pagi

Mandi pagi

Air di pagi hari terasa dingin dibandingkan ketika siang hari, ternyata mandi dengan air dingin lebih menyehatkan dari pada mandi dengan air hangat, ketika kita mandi dengan air dingin akan mengejutkan tubuh dan memicu jantung untuk berdetak lebih kencang untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dengan cepat.

Menghafal alquran di pagi hari

 

Menghafal alquran di pagi hari

Menghafal alquran di pagi hari

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menghafal karena di pagi hari otak masih fress dan belum terpakai, dengan kesempatan itu di gunakan untuk menghafal Al Quran, di usia mereka sangat bagus dan daya ingat mereka sangat bagus, menghafal Al Quran adalah cara yang baik untuk mendekatkan anak dengan Al Quran, karena jika anak dekat dengan Al Quran maka allah akan dekat dengannya dan barang siapa yang dekat dengan Allah akan di mudahkan dalam segala masalahnya.

Sholat tepat waktu

 

Sholat tepat waktu

Sholat tepat waktu

Tepat waktu dalam sholat melatih kedisiplin anak, semenjak dini anak dilatih melakukan kewajiban sholat tepat waktu, dari latihan ini menimbulkan kebiasaan melakukan pekerjaan tepat pada waktunya, dari hal yang wajib apalagi yang sepele, memang banyak halangan untuk meklaksanakan sholat tepat waktu seperti ketika kita dalam perjalanan, terkalahkan oleh lapar, apabila kita sudah tau penyebabnya kita harus mencari solusinya, misalnya memajuakan perpulangan atau mengundur perpulangan agar dapat sholat tepat waktu.

Apabila kita menunda nunda sholat karena alasan duniawi berarti kita sudah menomerduakan Allah SWT, bagaimana doa kita mau dikabulkan yang utama saja di nomerduakan, jika kita lebih mengutamakan Allah maka akan lebih mengutamakan kehidupan kita.

Muhadhoroh

Pemuda ada dalam golden age

Muhadoroh

Muhadhoroh adalah kegiatan latihan pidato, latihan ini untuk melatih mental anak agar percaya diri ketika mereka berbicara di depan, melatih mereka berbicara dengan bahasa bahasa yang baik, dengan kegiatan ini anak akan menemukan rasa percaya diri dari dalam diri anak itu sendiri, sehingga kegiatan ini sangat cocok untuk membentuk karakter anak sejak dini, munkin pertama tama mereka merasa malu tapi dengan malu itu dia akan menemukan rasa percaya diri. Kegiatan ini dilakukan seminggu sekali.

Imla’

Imla’

Imla’

Imla’ adalah pelajaran dekte bahasa arab, makhorijul huruf, dan cara penulisan huruf hijaiyah pelajaran ini biasa di pelajari di sekolah-sekolah islam, pelajaran ini memudah anak menulis bahasa arab. Dalam pendidikan pesantren pelajaran ini adalah dasar dari semua pelajaran yang berbahasa arab jika mereka belum menguasainya biasanya belum di beri kesempatan untuk melanjutkan pelajarannya yang berbahasa arab.

Menulis Khot

Menulis Khot

Menulis Khot

Kegiatan ini melatih keindahan dalam menulis arab, dalam penulisan khot terdapat kaedah-kaedah agar tulisan bisa dibilang benar atau indah, penulisan khot memiliki banyak jenis seperti Khot Naskhi, Khot Riq’i, Khot Sulusi, Khot Diwani, dll. Jika orang sudah menguasai penulisan khot dengan benar maka dia akan mudah belajar tentang penulisan lainnya. Kegiatan khot dilakukan seminggu sekali.


Pembentukan karakter pada usia dini sangatlah bagus, dengan kegiatan kegiatan seperti di atas dapat membentuk karakter yang baik, karakter adalah sifat sifat kejiwaan akhlak atau budi pekerti yang dapat membedakan seseorang dengan yang lainya. Kita membantu membentuk karakter mereka berarti kita sudah membantu mereka dalam menyempurnakan akhlaknya seperti sabda rasullulah :

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallama Bersabda :

اِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

“Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.”

Sikap-sikap yang harus kita perhatikan dalam pembentukan karakter anak

Sikap-sikap yang harus kita perhatikan dalam pembentukan karakter anak

Sikap-sikap yang harus kita perhatikan dalam pembentukan karakter anak

  1. Sikap konsisten, dalam memberikan peritah kita atau larangan kita juga harus memperhatikan apa yang kita lakukan jangan sampai kita melarang tetapi kita malah mengerjakanya, perilaku tersebut membuat anak bingung.
  2. Anak adalah peniru yang baik, pada umumnya anak kecil akan meniru segala sesuatu yang menurut dia itu menyenangkan tetapi mereka tidak tau benar atau salah, dan kita harus selalu memerhatikan perilaku mereka.
  3. Melakukan hal yang kecil, perilaku yang kecil menurut kita tidak berarti kecil juga bagi anak contoh, menyapa seseorang dengan assalamualaikum, itu adalah hal yang sepele tapi tidak untuk anak.
  4. Menyatakan salah jika memang salah, jika mereka melakukan kesalahan dan kita tidak menegurnya dia akan melanjutkan perbuatan terdebut. Walupun kita tidak suka melihat anak kita disalah salahkan tetapi jangan sampai kita membela mereka ketika mereka berbuat kesalahan.

SD Islam Darunnajah telah mempunyai asrama cilik untuk membentuk karakter dengan kegiatan-kegiatan tersebut insyaallah dapat mecetak karakter-karakter pembela umat islam.