Search
Close this search box.
blank

Pembekalan Praktk Pengabdian Masyarakat bagi Santri Akhir TMI Darunnajah 5

Pembekalan Praktk Pengabdian Masyarakat bagi Santri Akhir TMI Darunnajah 5

blank

Pada tanggal 21-24 Februari 2024, telah dilaksanakan pembekalan praktek pengabdian masyarakat (PPM) yang diikuti oleh para santri akhir TMI Darunnajah 5. Acara ini berlangsung di Majlis Annahl Darunnajah 5 dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam kepada peserta mengenai langkah-langkah yang harus diambil selama kegiatan PPM.

blankAcara dibuka oleh wakil pengasuh pesantren, yang memberikan pengantar mengenai esensi dan tujuan dari kegiatan PPM serta semua yang berkaitan dengannya. Materi-materi dalam acara ini disampaikan oleh berbagai narasumber dari dalam maupun luar lingkungan pesantren.

Salah satu narasumber, Ibu Hena Rustiana, S.Psi., CFP, memberikan materi tentang membangun resiliensi, kesehatan mental, dan moralitas remaja. Dilanjutkan dengan pemaparan tata cara majelis ta’lim oleh Ust. Ika Puspita dan Ust. Syarifah Alawiah.

Selanjutnya, Ust. Dicki Ahmad Subagja memberikan materi tentang nasyid, sholawat dan rawi, sementara Ust. Fauzan membahas tentang imamah dan khitobah. Materi lanjutan disampaikan oleh Ust. Ilham Nur’alam, S.Pd., tentang standar pencapaian dalam kegiatan PPM yang mencakup aspek keagamaan, kesenian, dan sosial.

blankKyai Muhammad memberikan pemahaman tentang budaya dan tradisi masyarakat, sementara Ust. Ali Sya’bana, S.Pd., membahas strategi mengatasi perbedaan pandangan di masyarakat. Selanjutnya, Usth. Fitri Alaidza dan Usth. Cucu Cahyati, S.Pd., memberikan pelatihan kepada santri putri dalam bidang MC, orator, dan marawis, sementara Ust. Dicki dan Ust. Rifki membimbing santri putra dalam hal yang serupa.

Pada hari berikutnya, materi disampaikan tentang tata cara pengajaran bagi anak usia dini oleh Ibu Eroh Rohayati dan Ibu Siti Rohmah. Ust. Devi Lestari membahas tentang ekstrakurikuler, sedangkan Ust. Ade Ismail menjelaskan tujuan dan orientasi kegiatan PPM.

Selanjutnya, Ust. Ricky Adi Yatma memberikan panduan tentang penyusunan laporan PPM, diikuti oleh penjelasan tentang pramuka dari Ust. Aryadi, Ust. Rifki Mufid, Usth. Imasliah, dan Usth. Devi Lestari. Acara malam diisi dengan sesi dzikir, doa, tahlil, dan prakteknya oleh Ust. Nayif, S.Pd.

blankHari berikutnya, materi disampaikan tentang tata cara mengajar yang menyenangkan oleh Ust. Aryadi, S.Pd., diikuti dengan sesi problem solving oleh Ust. Nayif, S.Pd. Terakhir, Usth. Yeyes Harpiyanti, S.Pd., mengakhiri acara dengan membahas etika bersilaturahmi dan bertamu.

Pembekalan praktek pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat mempersiapkan santri akhir TMI Darunnajah 5 secara optimal dalam menjalankan kegiatan PPM dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah