image

darunnajah.com, Cidokom, 12/02/2016. Salah satu tujuan dari Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 adalah Kemasyarakatan. Yakni, santri dididik untuk mampu terjun dan berjuang di masyarakat.

Pada tahun ini, Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 kembali mengadakan program Praktek Pengabdian Masyarakat, yang diikuti oleh siswa akhir TMI.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, santri akhir TMI akan belajar berjuang di masyarakat dengan ditugaskan mengajar anak-anak kecio di TPA-TPA atau masjid sekitar pesantren.

Untuk membekali siswa akhir TMI, pondok memberikan pengarahan tentang bagaimana terjun di masyarakat, khususnya mengajar ngaji anak-anak kecil. Selain pembekalan teknis, pondok juga memberi pengarahan tentang pentingnya cara hidup bermasyarakat. Bagaimana agar diterima masyarakat, tidak datang semaunya sendiri dan mengatur masyarakat. Justru kehadiran para santri di masyarakat adalah untuk bersinergi, antara pondok dengan masyarakat, saling berbagi ilmu, khususnya dalam bagaimana meningkatkan kemauan anak-anak Desa Cidokom untuk belajar mengaji.

Harapannya, pada tahun ini, siswa akhir TMI belajar memberi dengan pengabdian kepada masyarakat dengan baik. Serta mampu meningkatkan kemauan anak-anak Desa Cidokom, untuk mengaji dan belajar di pesantren. Karena, pondok menyediakan beasiswa bagi warga Desa Cidokom untuk belajar di Pesantren Annur. (af_red)