Praktek Pengabdian Masyakat (PPM) adalah kegiatan wajib yang diikuti oleh santri akhir Tarbiatul Mu’allimin Wal-Mu’allimat Al-Islamiyah (TMI) setara dengan kelas 3 SMA, dalam Praktek Pengabdian Masyarakat (PPM) didalamnya terdapat pembelajaran untuk seorang santri yang dididik menjadi seorang pemimpin yang terjun secara langsung kepada masyarakat.

Sebelum diadakan Praktek Pengabdian Masyarakat (PPM) terlebih dahulu diadakan pembekalan untuk seluruh peserta, dalam pembekalan tersebut santri diberi pembelajaran tentang bagaimana bersosialisasi dimasyarakat, seperti pada malam ini, dipesantren Putri Al-Mansur darunnajah 3 sedang mengadakan pembekelan untuk Praktek Pengabdian Masyarakat (PPM).

Pembekalan tersebut bertempat digedung Sukabumi dan diikuti oleh seluruh peserta Praktek Pengabdian Masyarakat (PPM). diisi oleh Kh. Drs. Busthomi Ibrohim,M.Ag dengan tema materi Kepemimpinan, ustadz M.Saepudin dengan materi Kemasyarakatan. dan ustadzah Mia Mulyati dengan materi Administrasi keuangan.

Pembekalan tersebut belangsung selama dua hari, setelah pembekalan selesai tibalah waktu pelepasan peserta Praktek Pengabdian Masyarakat (PPM) pada tanggal (20/12)