Pelantikan dan Pergantian Pengurus Asrama

Pelantikan dan Pergantian Pengurus Asrama

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Share on telegram
Proses Pelantikan Pengurus Asrama – Photo by Annurgraphy

Minggu Malam (07/02) Biro Pengasuhan Santri Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 melaksanakan Pelantikan Pengurus Asrama (mudabbiroh). Acara ini dilselenggarakan di Masjid Jami’ Annur pada pukul  8 malam sampai selesai.

Diadakannya pergantian pengurus asrama bertujuan untuk memberi kesempatan kepada santri untuk mengurus urusan dalam asrama, mengurus adik-adik kelas. Santri yang dilantik menjadi pengurus asrama adalah santri kelas 4 dan kelas 3 intensive. Pengurus asrama adalah salah satu bukti sistem pendidikan pondok pesantren bahwa santri sebagai subjek pendidikan, agar santri bisa punya lebih banyak waktu untuk belajar.

Di masa ini, santri dididik untuk belajar membentuk attitude, bagaimana ia menolong seseorang tanpa pamrih. Menolong dulu tanpa memikirkan imbalannya. Hal ini termasuk bentuk kaderisasi dalam keorganisasian.

Santri dididik berorganisasi dengan pegangan organisasi atau pilar-pilar organisasi, yakni Planning (merencanakan),  Organizing (mengatur), Actuating (melakukan), Controling (mengontrol apa yang dilakukan), Evaluating (mengevaluasi program).

Photo by Annurgraphy

Hasil dari organisasi pengurus asrama dimana kita bisa mencetak santri yang berkarakter tinggi, berbudi tinggi bisa kita rasakan nanti dalam jangka waktu lama. Berharap santri akan terlatih dalam mendidik dan mengurus santri sebagaimana ia akan menjadi orang tua di waktu yang akan datang.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah