JAKARTA/dn.com – Ahad, 11 September 2012 Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta Melakukan kegiatan rutin tahunan yaitu pekan ta’aruf khutbatul ‘arsy yang dimulai Pukul. 07.00 Wib s.d. 11.00 WIB. acara ini dihadiri oleh seluruh santri pondok pesantren darunnajah Jakarta beserta ustad-ustad dan ustazah-ustazah.acara ini berlangsung dari tanggal 10 s.d. 11 september 2012. Acara ini bertujuan untuk untuk mengenal kan santri baru tentang sejarah,lingkungan,dan kegiatan-kegiatan sehari-hari di pondok pesantren darunnajah Jakarta.

Acara tahunan ini telah berlangsung dari tahun 1974 dari pertama darunnajah didirikan oleh Alm. Letkol (Purn) Drs. H. Kamaruzzaman,Alm. KH. Abdul Manaf Mukhayyar,Dan Drs. KH. Mahrus Amin.Dan bagi santri-santri lama acara ini adalah sebagai pembangkit semangat santri-santri lama yang sudah memudar.Menurut buku “bulletin darunnajah edisi 2012bahwa pada saat ini pondok pesantren darunnajah Jakarta saat ini mempunyai santri yang berjumlah 2121 santri dan 180 guru/ustad.

Darunnajah mempunyai suatu program yang dinamakan program pengkaderan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia: kader: orang yang diharapkan akan memegang peran yang penting; pengaderan;proses, cara, pembuatan mendidik atau membentuk sesorang menjadi kader: kader merupakan individu yang diharapkan untuk memegang peranan penting didalam suatu organisasi.kaderisasi bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup pondok tersebut. Kaderisasi menurut islam diartikan sebagai usaha mempersiapkan calon-calon pemimpin hari esok yang tangguh dalam mempertahankan dan mengembangkan identitas khairu ummah,umat terbaik.

Ini sesuai dengan seruan ALLAH dalam al-qur’an :

  1. Surat ali imran , 110: “kamu adalah umat yang terbaikyang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf,dan mencegah dari yang mungkar,danberiman kepada allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik dari mereka, diantara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”
  2. Surat al furqan, 74: “ya, tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami iman bagi orang-orang yang bertakwa.”
  3. Surat al baqoroh , 124: “dan (ingatlah) tatkala telah diuji ibrahim oleh tuhan-nya dengan beberapa kalimat, maka telah dipenuhi semuanya. Diapun berfirman : sesungguhnya aku hendak menjadikan engkau imam bagi manusia. Dia berkata: dan juga dari antara anak-cucuku. Dia berfirman : taidaklah akan mencapai perjanjian ku itu kepada orang-orang yang zalim.”

 

By : Denny Muhammad