Pekan Olahraga Seni (PORSENI) Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8

Pekan Olahraga Seni (PORSENI) Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8

Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Loading...
Loading...
Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 – Photo by Annurgraphy

Tepat Sabtu (22/08). Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom membuka acara PORSENI yakni Pekan Olahraga dan Seni. Porseni ini merupakan rincian dari acara KA (Khutbatul ‘Arsy). Upacara Pembukaan PORSENI dilaksanakan sore hari di Lapangan Istanbul bagi santri putri, dan di Lapangan Palestin bagi santri putra. Acara ini melibatkan kreatifitas, ketangkasan dan kekompakan santri.

Lokasi lomba disebar di wilayah pondok, sehingga rapi dan teratur, juga agar semua santri bisa menyaksikan keseruan perlombaan. Lomba dimulai setelah Upacara Pembukaan PORSENI yang dilanjutkan dengan pembagian grup. Grup dibentuk berdasarkan kamar atau asrama dan club ekstrakulikuler yang diikuti. Dan yang berlaku sebagai juri adalah Ustadz/Ustadzah pembimbing ekstrakulikuler dan Kelas 6 (pengurus OSANDN).

Upacara Pembukaan PORSENI Santri Putri Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 – Photo by Annurgraphy

Porseni adalah ajang peningkatan bakat santri dalam bidang olahraga dan seni. Perlombaan telah disusun dengan sistematis oleh panitia dan pembimbing acara agar mempermudah santri mengenal jenis perlombaan.

Panitia putri menyiapkan 10 perlombaan,  yang di dalamnya terdiri dari 6 bidang olahraga dan 4 bidang kesenian. Bidang Olahraga yang diperlombakan yakni  basket, voli, badminton, tapak suci, senam, dan kasti. Sedangkan bidang kesenian yang diperlombakan yakni kaligrafi, karikatur, kerajinan tangan dan desain logo panca jiwa dan motto pondok.

Dan panitia putra menyiapkan 12 perlombaan, yang di dalamnya terdiri dari 7 bidang olahraga dan 4 bidang kesenian. Bidang olahraga yang diperlombakan yakni sepak bola, basket, voli, badminton, futsal, tenis meja, dan rugby. Sedangkan bidang kesenian yang diperlombakan yakni kaligrafi, hasta karya, gravity, dan gambar 3 dimensi.

Perlombaan Olahraga dan Seni DIlaksanakan Di Dalam Lingkungan Pondok – Photo by Annurgraphy

Tepat Minggu (23/08) Upacara Penutupan PORSENI. Acara ini diakhiri guna melanjutkan kegiatan sehari-hari santri dan mengoptimalkan kegiatan belajar. Dalam PORSENI menang kalah bukanlah urusan, melainkan bagaimana santri bisa bekerja sama dengan grup atau club yang ditentukan mengahadapi lomba dengan sportif dan profesional.

Alhamdulillah semua kegiatan PORSENI berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan harapan panitia juga pembimbing. Santri sangat bersemangat dan menikmati kegiatan PORSENI sehingga semuanya terlibat. Kelas 6 diutus menjadi seorang juri agar dilatih menilai dengan adil suatu pertandingan.

Loading...
Perlombaan Bidang Seni Sangat Diminati Santri Annur Darunnajah 8 – Photo by Annurgraphy

Dengan motto yang berbunyi “ العَقلُ السَالِمِ فِي الجِسمِ السَالِمِ ” dan bermakna “Akal yang sehat berada dalam jasad yang sehat”. Yang dimaksudkan adalah, kesehatan fisik dan mental berdampingan dan saling terkait. Baiknya kita semua menjaga keduanya.

Berdampingan dengan motto “Mensana in Corpore sano” yang artinya “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” sudah tidak asing lagi dalam dunia pendidikan, khususnya mata pelajaran PJOK atau Olahraga. Banyak manfaat yang didapat dari Olahraga. Sehat adalah jawaban yang utama,dan ungkapan “Lebih baik mencegah daripada mengobati” menjadi pasangan dari ungkapan berbahasa Latin diatas tadi. Setiap Kita pasti menginginkan Kesehatan,baik kesehatan fisik maupun kesehatan nonfisik karena sehat adalah harta yang sangat mahal harganya.

Loading...

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Info Lainnya