Parenting: Wajib Baca! Untuk Calon Ayah

Tanggung Jawab Orang Tua Atas Anak-Anaknya

Tanggung jawa orang tua atas anak-anaknya

Tanggung jawa orang tua atas anak-anaknya

Membesarkan anak adalah sebuah amanah dari Allah SWT yang harus di jalani orang tua. Ayah dan Ibu di beri tanggung jawab untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya, namun pendidikan yang sangat mahal yaitu mendidik akhlaknya.

Orang tua sebagai role model anak-anaknya, mereka meniru perilaku dan ucapan yang dikatakan orang tuanya. Gak mau kan, anak menjadi durhaka karena kita lalai mendidik dan mengasuhnya.

Nah, dalam artikel ini akan membahas betapa pentingnya peran seorang ayah dalam mengasuh dan mendidik anak serta manfaatnya yang luar biasa.

Pentingnya Keterlibatan Ayah Dalam Mengasuh Dan Mendidik Anak

Pentingnya Keterlibatan Ayah Dalam Mengasuh Dan Mendidik Anak

Pentingnya Keterlibatan Ayah Dalam Mengasuh Dan Mendidik Anak

Perilaku anak timbul karena pola asuh yang ayah lakukan di sepanjang kehidupan awal anak. Sejak bayi hingga balita adalah masa yang paling menentukan tumbuh kembang anak dan berkualitas atau tidaknya hubungan antara anak dan ayah.

Tren Ayah Mengasuh Anak

Tren yah mengasuh dan mendidik anak

Tren ayah mengasuh dan mendidik anak

Dibalik kesibukan seorang ayah bekerja sebagai kepala keluarga, para ayah ingin tetap meluangkan waktunya untuk bermain dan terlibat dalam pendidikannya. Karenanya, tren mengasuh anak di kalangan ayah semakin berkembang saat ini. Dan di mata masyarakat pun seorang ayah yang megasuh anak-anaknya terlihat lebih keren.

Manfaat Keterlibatan Ayah Dalam Mengasuh Anak

Like father like son

Like father like son

Bukan hanya tren saja loh, tapi ada banyak manfaatnya keterlibatan ayah dalam mengasuh anak baik itu bagi anak dan ayah.

Pada masa awal kelahiran anak sampai 4 tahun sangat memiliki pengaruh bagi tumbuh kembang anak di kemudian hari.

Pada saat aktifitas yang dilakukan anak bersama ayah seperti memandikan, memijat, menyuapi dan bermain sentuhan tangan seorang ayah dan ibu akan merangsang saraf-sarafnya untuk aktif dan menjalin kelekatan anak dengan orang tua. Karena sentuhan ayah itu tegas bukan kasar dan sentuhan ibu identik dengan kelembutan.

Dampak dari keterlibatan ayah dalam mengasuh juga dapat memberikan kepuasan hidup yang tinggi, karena anak merasa puas dengan kebahagiaan bersama ayahnya. Dapat mempengaruhi kepercayaan diri anak, berani meakukan hal-hal positif, anak lebih mampu menghadapi tekanan yang ada dan dapat menyelesaikan permasalahan yang muncul di kehidupannya kelak.

Kelebihan Ayah Dalam Mengasuh Anak

Kelebihan Ayah Dalam Mengasuh Anak

Kelebihan Ayah Dalam Mengasuh Anak

Ayah biasanya lebih santai dalam mendidik anak dibandingkan dengan Ibu yang mudah cemas akan banyak hal.

Ayah akan lebih tenang menghadapai anak yang susah mandi, susah makan dan yang berkaitan dengan kebersihan serta keamanan anak.

Ayah identik sosok kuat sebagai pelindung bagi anak-anak dan keluarganya

Baca Juga: Tips Menghadapi Anak Yang Mudah Marah 

Kenali 5 Tipe Ayah, Anda Yang Mana?

Kenali 5 tipe ayah, anda yang mana?

Kenali 5 tipe ayah, anda yang mana?

  1. Ayah Nervous

Ayah dengan tipe ini akan menyiapkan segala sesuatu keperluan anak. Punya banyak pertimbangan dan sangat berhati-hati dengan keputusannya. Sering mengecek suhu tubuh anak jika merengek sedikit saja. Dan selalu siap siga berjaga-jaga untuk keamanan dan kesehatan anak.

  1. Ayah Childish

Ayah tipe ini adalah ayah yang memiliki selera humor yang tinggi dn cendrung santai menghadapi sesuatu. Banyak menghabiskan waktu di arena bermain bersama anak. Gemar mengeluarkan suara-suara lucu dan menarik untuk menghibur anak. Gak ragu memakai kostum karakter favorit anak bahkan melakukan gerakan lucunya.

  1. Ayah Hipster

Tipe ini biasanya suka memutarkan lagu-lagu favorit ayah untuk anak, seperti musik rock, R&B, atau musik alternatif lainnya.

Memilihkan pakaian anak seperti orang dewasa. Tujuannya supaya bisa kembaran dan kompak, pakai jersey tim sepak bola favorit, termasuk kembar gaya rambutnya. Belanja kebutuhan anak yang sedang trend, branded dan berlebihan. Mengajak anak menonton konser, nonton film dan pertunjukkan. Dan tidak ragu untuk berkreasi ketika memberikan MPASI pada anak.

  1. Ayah Hijau

Ayah tipe ini sangat menyukai hal-hal yang alami, seperti lebih memilih mainan atau barang-barang anak yang terbuat dari bahan alami dan sangat anti dengan bahan kimia. Memilih makanan organik untuk dikonsumsi anak-anaknya. Rajin memanfaatkan barang-barang bekas untuk mainan anak.

  1. Ayah Shaleh

Tipe ayah shaleh adalah tipe idaman bagi anak-anak dan keluarganya. Seorang ayah yang mampu menjadi imam dalam shalat berjama’ah, mengajak anak-anaknya tadarus Al-Quran, bertanggung jawab terhadap akhlak anak-anak dan keluarganya untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

  1. Kunjungi Facebook kami

Tips Untuk Ayah

Tips Parenting

Tips

  1. Luangkan lah waktu anda untuk turu berperan dalam urusan pengasuhan dan pendidikan anak, meski ayah sibuk bekerja.
  2. Selalu tanamkan kejujuran pada anak. Dengarkanlah dengan penuh perhatian atas perkataan anak, meski itu hal terkecil sekalipun.
  3. Beri dukungan moral dan moril atas prestasi yang dicapai anak baik itu prestasi akademik maupun non akademik.
  4. Libatkan anak dalam mengambil keputusan dan tindakan di keluarga dan jelaskanlah akibatnya jika tidak bertagnggung jawab.
  5. Ekspresikanlah rasa cinta kepada anak. Katakan kepada anak anda jika anda menyanginya
  6. Berilah dukungan atas keputusan yang dipilihnya agar kelak menjadi anak yang percaya diri dan mandiri.
  7. Jadilah ayah yang bijaksana menanggapi kesalahan yang dibuat oleh anak anda.