Pak Kyai dan Guru-Guru Eksplorasi Hadits Bersama

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Di tengah-tengah aktivitas harian guru Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor,  seperti mengajar, mengasuh, membimbing dan melakukan pembinaan di Pesantren terhadap santri, kini aktivitas guru-guru semakin bertambah, yaitu dengan wajibnya semua guru mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah) dari Pimpinan Pesantren, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc, yaitu dalam bentuk, semua guru dalam setiap pertemuan pengajian Majlis Ilmi sebagaimana dijadwalkan, wajib mempresentasikan 1 hadits dari berbagai sumber hadits dan berbagai imam atau perawi hadits, dengan tema hadits yang sudah ditentukan.

Tidak hanya sebatas membacakan hadits beserta artinya saja secara bergantian, gurupun harus memberi tanggapan dari hadits yang dibacanya tersebut, serta mampu membuat kesimpulan dari hadits tersebut secara kontennya, menyebutkan siapa perawinya, sumber rujukannya dari mana, apakah dari buku, kitab, buku kumpulan hadits, internet dan lain-lain, lalu setelah itu semua hadits-hadits yang telah dibacakan dibahas bersama-sama dalam forum Majlis Ilmi tersebut.

Diterapkannya pola pengajian ba’da shubuh seperti ini, entunya sedikit banyak berbeda dengan pola pengajian sebelumnya, dimana setiap guru dalam setiap pertemuan, ada satu orang guru saja yang bertindak sebagai nara sumber, dengan tema kajian bebas, dari sumber mana saja, mempresentasikannya di depan hadirin dan siap menjawab semua bentuk pertanyaan yang datang dari hadirin.

Dengan perubahan pola pengajian seperti ini, sebagaimana dirasakan oleh guru-guru Pesantren, ada beberapa manfaat, salah satunya adalah bisa semakin dekat dengan hadits, bahkan dalam setiap pertemuan bisa belasan sekaligus hadits didapatkan dengan 1 tema yang sama, sehingga semakin memperkaya keilmuan dan wawasan serta menunjang kebutuhan guru-guru selaku pengasuh di Pesantren. Dengan cara seperti inilah civitas pesantren diakrabkan dengan hadits. (Ela H/WARDAN)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika