Nyala api unggun menerangi bumi perkemahan al Mansur Serang Banten

Setelah melaksanakan shalat Maghrib dan Isya berjamaah dilanjutkan dengan makan malam, tepat jam 8 malam para peserta perkemahan Jum’at-Sabtu SD Islam Darunnajah menuju tempat penyalaan api unggun yang berada di belakang tenda regu putri.

Penyalaan api unggun dilakuka oleh 14 anak perwakilan dari sertiap regu yang dipilih oleh kak Pembina. Sebelumnya mereka telah mendapatkan breafing terlebih dahulu untuk mengetahui secara teknis penyalaan api unggun sebagai persiapan awal.

Dari ujung lapangan terdengan aba-aba diikuti dengan lari-lari kecil 14 petugas api unggun mengelilingi kayu bakar yang telah disusun. Kemudian salah satu petugas menyalakan obor yang telah dibawa sambil mengucapkan dasa darma, dan dilanjutkan dengan menyalakan obor secara bergantian sampai selesai dasa darma yang kesepuluh.

Petugas saat penyalaan api unggun

Setelah obor yang dibawa petugas telah menyala semuanya, maka dengan aba-aba seluruh petugas yang memegang obor maju sambil membungkukan badanya untuk meletakan obor diantara celah kayu bakar. Setelah bebarapa saat kemudian api unggun telah menyala, kemudian para petuas mundur beberapa langkah dilanjutkan berlari mengitari api unggun sambil menyanyikan lagu api unggun telah menyala.

Ketika api unggun telah menyala maka acara selanjutnya adalah penampilan, setiap regu bergantian antara regu putra dan putri. Banyak sekali ragam penampilan yang ditampilkan saat api unggun dengan segala macam kreatifitas anak-anak, ada yang menampilkan tarian, drama, dan pembacaan pantun.

Acara api unggun tepat selesai pada pukul 22.30 WIB dan selanjutnya para peserta perjumsa dipersilahkan masuk ke tenda masing-masing untuk istirahat.