Kalau tidak berbuat baik, maka jangan berpuas diri dengan itu, karena di sekitat kita ada banyak orang yang bisa berbuat kebaikan jauh lebih banyak dari kita. Hanya saja kebaikan mereka tidak sampai ke telinga dan mata kita.

Jangan sampai kesolehan kita menjadikan kita merasa lebih soleh dari orang lain, maka itu sesungguhnya bukan kesolehan. Kalau ketaatan kita menjadikan kita merasa lebih taat dari orang lain, maka sesungguhnnya itu bukan ketaatan. Kalau kebaikan kita menjadikan kita merasa lebih baik dari orang lain, maka sesungguhnya itu bukanlah kebaikan. Kalau kesopanan kita menjadikan kita merasa lebih sopan dari orang lain, maka sesungguhnya itu bukan kesopanan. Kalau ilmu yang kita miliki menjadikan kita merasa lebih berilmu dari orang lain, maka sesungguhnya kita tak berilmu. Berusahalah untuk terus berbuat baik dengan landasan Lillaahi Ta’aala, hanya untuk Allah semata.

“Ya Robb. Maafkan dosa dan kesalahan kami. Maafkan dosa-dosa semua muslimin dan muslimat baik yang masih hidup maupun yang sudah mati.