Menurutmu apa itu Literasi?

Dalam bahasa yang sederhana, Literasi adalah suatu kemampuan atau kualitas melek aksara di dalam diri seseorang dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual.

Kalau menurut Jack Goody Literasi adalah suatu kemampuan dalam diri seseorang untuk menulis dan membaca

Komunitas Penulis Darunnajah

KOPDAR adalah akronim dari ‘Komunitas Penulis Darunnajah’. Komunitas ini berdiri  pada tanggal 11 Maret 2019.

Anggotanya adalah mereka para mahasiswa yang memiliki semangat dalam bidang literasi. Mereka gemar membaca, menulis, diskusi dan aktifitas lainnya yang selalu kreatif dengan inspirasi baru.

Annas Yusuf

Jumlahnya mencapai 50 orang yang bergabung dalam Kopdar. Diketuai oleh Anas Yusuf mahasiswa semester 2 jurusan Managemen Pendidikan Islam.

Komunitas ini dicetuskan pertama kali oleh Arizqi Ihsan Pratama yang juga menjadi pengasuh sahabat KOPDAR.

Beliau adalah salah satu Dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah Bogor. Beliau telah menulis buku dengan judul “Guru Hebat, Guru Profesional”.

Guru Hebat Guru Profesional

Buku ini menjelaskan tentang, bagimana sosok seorang guru dengan syarat dan tugasnya dalam mendidik, bagaimana seharusnya menjadi seorang guru profesional, kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru, dan dijelaskan juga tentang media dan media pembelajaran yang bisa diaplikasikan oleh seorang guru dalam mendidik murid-muridnya.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk kalangan akademis, mahasiswa, orang tua, dan bagi siapa saja yang ingin mengetahui dan mempelajari bagaimana seharusnya menjadi seorang guru profesional.

Karena, menjadi seorang guru adalah pilihan strategis untuk berkontribusi membangun peradaban.

Banyak hal menarik yang telah dan akan dilakukan oleh komunitas ini. Diantaranya, mengadakan kajian disetiap bulan, seperti FGD (Focus Grup Discution), bedah buku, seminar dan lain-lain.

Selain itu, target kedepan komunitas ini akan segera melahirkan karya-karya tulis (Artikel Jurnal, dan Buku).

Ngobrol Perihal Literasi

Salah satu agenda keren yang telah dilakukan adalah Ngopi “Ngobrol Perihal Literasi” Part II dengan mengangkat tema “Budaya Literasi dan Zaman Ke Emasan Islam”.

Sang Pengasuh, Arizqi Ihsan Pratama tampil untuk memberikan semangat kepada sahabat KOPDAR di acara ini. Dalam kalimat pembuka, beliau menyampaikan Jas Mewah yaitu Jangan Melupakan Sejarah dan Dakwah.

Ngopi kali ini, banyak sejarah yang diceritakan, tentang budaya literasi di Zaman Keemasan Islam (The Golden Ege of Islam). Sebagaimana ciri khas mengajar beliau, selalu diawali dengan menampilkan video edukatif sesuai dengan tema pembahasan.

Dalam video yang berjudul 1001 Inventions and The Library of Secret yang ditayangkan sahabat KOPDAR, menjadi semakin terbuka bahwa betapa luar biasanya Islam pada masa keemasannya.

Dan ini menjadi motivasi tersendiri untuk sahabar KOPDAR dalam berkarya mengikuti jejek para ilmuan dan ulama dizamannya.

Setelah video selesai ditayangkan, lalu sahabat KOPDAR ditantang untuk menyebutkan 5 tokoh ilmuan muslim yang sampai saat ini masih tetap eksis dalam bidang keilmuannya dalam video tersebut.

Bagi mereka yang berhasil menyebutkannya secara lengkap, maka berhak mendapatkan hadiah buku yang menarik.

Kemudian, berlanjut dengan meteri yang disampaikan hingga waktu berbuka puasapun tiba.

Dari meteri yang disampaikan banyak sekali khazanah keilmuan yang sahabat KOPDAR dapatkan. Sehingga menjadi semangat tersendiri untuk lebih banyak membaca lagi, lebih banyak menulis lagi, dan menghasilkan karya-karya.

Buka Puasa Bersama

Sebagai penutup, penulis mengutip sebuah kalimat yang diungkapkan oleh Imam Ghozali yaitu “Jika kau bukan anak seorang raja, atau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”. Salam Literasi. (WARDAN/Mbafer)