Search
Close this search box.

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar

blank

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan manusia serta mempengaruhi kehidupan manusiabaik secara langsung maupun secara tidak langsung. Lingkungan yang bersih merupakan dambaan semua orang. Namun, tidak mudah untuk menjaga kebersihan lingkungan tersebut, karena manusia disibukkan dengan berbagai kegiatan.Sehingga, untuk menjaga kebersihan lingkungan tersebut seolah terlupakan.Lingkungan yang bersih sesungguhnya dapat mendatangkan manfaat bagi yang menjaga kebersihan lingkungan itu sendiri.   Berikut beberapa cara menjaga lingkungan sekolah :

  1. Buang sampah pada tempatnya
  2. Jaga kebersihan rumah
  3. Olah sampah menjadi pupuk kompos
  4. Remukkan wadah plastik/karton
  5. Daur ulang sampah
  6. Kerja bakti di lingkungan sekitar
  7. Tutup saluran pembuangan air
  8. Lakukan penghijauan
  9. Jangan ragu untuk memungut sampah dijalan
  10. Sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan
  11. Jangan membuang puntung rokok sembarangan
  12. Jangan membuang limbah hasil produksi ke laut
  13. Tidak melakukan penebangan secara liar

blank

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu”. (HR. At- Turmudzi)

 

-(rifdaayu)

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah