Search
Close this search box.

Menghafal Al-Qur’an? Ini Dia Tipsnya!

blank

Menghafal Al-Qur’an? Ini Dia Tipsnya!

blank
kitab suci al-qur’an

Sebagai seorang muslim tentulah kita mempunyai beberapa kewajiban  yang harus  kita lakukan dan larangan  yang harus kita jauhi. untuk menyempurnakan agama kita, kita harus memperbanyak amal.Salah satu caranya adalah dengan beribadah kgepada Alah SWT. Apa saja ibadah yang bisa  kita lakukan?

Contonya dengan mendirikan sholat,menunaikan zakat,berpuasa,menunaikan ibadah haji,membaca Al-qur’an, terlebih lagi jika mampu menghafal dan mengamalkannya. Zaman sekarang ini kebanyakan dari kita sibuk dengan pekerjaan dan dunia nya masing-masing, sampai lupa untuk membaca kitab suci Al-Qur,an. Apalagi untuk menghafalkannya?

Maka dari itu dengan adanya pondok pesantren yang berbasis tahfidz dan sains para santri bisa belajar pelajaran umum sambil menghafalkan Al-qur’an di waktu senggang . Akan tetapi  ada kalanya  para santri merasakan sulitnya menghafal kitab suci Al-Qur’an, hal itu menyebabkan semangat dan tekad santri menurun. bagaimana mengatasinya?

Ini dia tips menghafal Al-Qur’an dengan cepat dan tidak mudah lupa!

  1. Memulai Dengan Niat Yang Ikhlas

Salah satu hal yang harus kita miliki sebelum menghafal adalah niat, karena semua pergerakan yang kita lakukan membutuhkan niat. Jika niatnya saja sudah salah tidak akan berkah hasilnya, maka dari itu niat sangatlah penting dalam menghafal Al-Qur’an karena berpengaruh pada hasil.

2. Menggunakan Mushaf Khusus Untuk Menghafal

blank
adab membaca al-quran dengan baik dan benar

Yang dimaksud adalah Al-Qur’an yang khusus dibuat untuk para penghafal yang di dalamnya sudah ada metode-metode menghafal dan target hafalannya. Hal ini memicu semangat para penghafal untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

  1. Mempunyai Target Hafalan

Para penghafal Al-Qur’an wajib mempunyai target hafalan, misalnya dalam satu hari harus menghafal 1 halaman surat, maka  dalam waktu 20-21 hari sudah hafal 1 juz. Hal ini sangatlah bermanfaat untuk para hafidz dan hafidzah dalam menghafal.

  1. Membacanya Berulang Kali Hingga Tidak Asing Lagi Dengan Bacaannya

Hafal berarti sudah membacanya berkali-kali, bahkan kita tidak perlu menghafalnya dengan susah payah, hanya dengan membaca berulang kali saja kita bisa hafal ayat-ayat yang kita baca tersebut. Minimal dibaca 40 kali sampai bacaannya tidak asing lagi.

  1. Sering Mendengarkan Murotal Al-Qur’an

Selain membaca dengan berulang kali kita juga harus sering mendengarkan bacaan Al-Qur’an. Karena ketika mendengarkan bacaan Al-Qur’an otak kita bisa mencerna bacaan tersebut, sehingga hal itu bisa menguatkan hafalan kita.

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah