Mengenal Lebih Dekat Kegiatan Muhadaroh

Mengenal Lebih Dekat Kegiatan Muhadaroh

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Apa itu muhadaroh?

Loading...

Muhadaroh merupakan salah satu ekstrakulikuler wajib yang ada di Darunnajah, muhadaroh mengajarkan para santri Darunnajah untuk berpidato di depan umum. Agar santri darunnajah berani untuk berbicara di depan orang banyak. Muhadaroh biasanya dilakukan pada hari kamis, siang dan malam dan juga pada hari ahad ketika di siang hari.

Ketika muhadaroh kita harus membuat bicara, setelah itu kita meminta tanda tangan ustadzah dan penguruss OSDN yang bertanggung jawab di firqoh. Santri Di Darunnajah diajarkan berpidato dalam 3 bahasa, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan juga Bahasa Inggris.

Biasanya para santri melaksanakan Muhadaroh di firqoh namun ketika muhadaroh akbar santri darunnajah berkumpul di masjid. Apa itu firqoh? Firqoh merupakan sebuah kelompok.

Apa itu Muhadaroh akbar?

Muhadaroh akbar merupakan muhadaroh yang di ikuti seluruh santri, dimana dari kelas 1-6 TMI berkumpul di satu tempat yaitu di masjid. Dan biasanya kangsung dipilih utuk berpidato.

Loading...

Pondok pesantren Darunnajah mengajarkan santrinya muhadaroh agar melatih keberanian para santri untuk berbicara di depan orang banyak, agar sudah di luar pesantren santri dapat menyebarkan dakwah yang telah dibekali dari pondok pesantren Darunnajah.

ketika muhadaroh biasanya di setiap firqoh (kelompok) akan dijaga oleh pengurus OSDN dari bagian JRM (Jamiyatul Roisatul Mubalighoh) dan juga penanggung jawab firqoh. Maka dengan itu seluruh santri darunnajah banyak yang pandai berbicara di depan umum karena semua itu berawal dari muhadaroh. di darunnajah juga terdapat tim khusus muhadarah yang biasa di panggil dengan sebutan JMK (Jamiyatul Mubalighoh K

hitobah), jika di firqoh (kelompok) para santri akn diberikan tugas, masing-masing anak akan dibagi menjadi 2 tugas yaitu:

Mc dan ada juga yang berpidato, selain itu ketika muhadaroh dimulai maka mc akan membacakan nama-nama yang ditugaskan untuk berpidato, kemudian santri yang ditugaskan untuk berpidato akan maju ke depan kelas dan menaiki mimbar dan mulai berpidato.

Dan ketika pembukaan muhadarah setelah ujian akan diadakan muhadarah akbar yang tentunya anak-anak JMK akan berperan sebagai petugas dan mereka yang akan menjadi contoh untuk santri-santri yang lain. (PERS DAN JURNALISTIK PI 21-22)

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah