Menu

Mengejar Keberkahan dengan Bangun Pagi Tepat Waktu

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kebiasaan bangun di pagi hari mungkin hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Penyebabnya bisa karena lelah beraktivitas hari sebelumnya atau waktu tidur yang berkurang. Padahal, Rasulullah Muhammad SAW sangat menganjurkan setiap orang untuk bangun pagi. Ada banyak manfaat di balik anjuran tersebut.

Dalam Islam, anjuran untuk bangun pagi terdapat dalam banyak dalil baik Alquran maupun hadis. Salah satunya dalam Surat Al Isra ayat 78.

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

” Dirikanlah sholat dari sesuai matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan oleh malaikat.”

Demikian pula, Rasulullah SAW mendoakan umat Islam yang bangun pagi. Doa tersebut tercatat dalam hadis riwayat Ath Thabrani.

” Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka.”

Tips Bangun Pagi

Bagi teman-teman yang sulit bangun di pagi hari, berikut kami memberikan tips untuk membantu memudahkan bangun pagi, agar shalat subuhnya tepat waktu bukan ketika matahari telah terbit.

  1. Ubahlah niat bukan agar tidak terlambat ke sekolah/kerja, tapi niatkan agar tidak terlambat sholat subuh.
  2. Tidurlah lebih awal, bahkan walau kamu masih punya pekerjaan. Kamu pun bisa bangun untuk sholat malam lalu menuntaskan tugas sambil menunggu waktu subuh.
  3. Hindari makan berlebihan di malam hari. Ini bisa menyebabkan tidurmu terlalu nyenyak. Kamu juga akan bangun dengan badan yang capek.
  4. Jangan ngulet atau berlama-lama main HP dulu. Begitu bangun tidur, bersegeralah mengambil air wudhu.
  5. Tidur dengan memiringkan badan ke kanan seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW akan memudahkan kamu bangun tidur.
  6. Tidurlah sebentar setelah makan siang.
  7. Berolahraga ringan di pagi hari tidaklah sulit. Cukup lakukan sholat berjamaah di masjid dan berjalan kakilah dari rumahmu ke sana.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari anjuran bangun pagi dalam Islam. Beberapa di antaranya seperti berikut.

Pertama, tubuh lebih segar. Ini disebabkan udara yang dihirup tubuh melalui hidung masih segar. Udara pagi relatif belum tercampur polusi. Apalagi jika berolahraga, tubuh bakal menjadi lebih bugar.

Kedua, meningkatkan daya ingat. Otak lebih produktif ketika bangun pagi. Mood baik juga datang seiring segarnya kondisi otak.

Ketiga, membuat tubuh awet muda. Sinar matahari di pagi hari dapat membantu pembentukan vitamin D. Dampaknya, kulit bisa menjadi makin muda.

Sedangkan keempat, membuat lebih semangat. Bangun di pagi hari membuat tubuh terasa ringan. Kondisi ini tidak dialami oleh mereka yang bangun tidur di waktu matahari sudah muncul.

 

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang Banten

Pengalaman Adalah Guru Terbaik Dalam Kehidupan

Pamulang- Santriwati Darunnajah 9 tingkat Aliyah, ikut berpartisipasi dalam acara Pagelaran Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah Aliyah (AKSIOMA). Kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah MAN

Pondok Pesantren Putri Al-Manshur Darunnajah 3 Serang Banten

Seminar Pendidikan

Ahad (19/01/20) Pendidikan sangatlah berarti bagi kita semua. Pada hari ini, santriwati kelas 4 TMI menyelenggarakan kegiatan Seminar Pencapaian Psikologi dan Kecerdasan Emosional. Kegiatan ini