Mengatasi Rasa Cemas Pada Anak
Menu

Mengatasi Rasa Cemas Pada Anak

tk islam darunnajah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kecemasan bisa dialami oleh semua orang dari orang dewasa sampai anak-anak. Kecemasan itu timbul akibat menghadapi hal-hal yang menakutkan, menegangkan,  dan hal yang penting. Orang dewasa mampu mengatasi saat dirinya kecemasan, sedangkan anak-anak yang masih labil tidaak bisa mengatasi saat dirinya merasa cemas. Kita sebagai orang tua perlu menyadari akan kecemasan anak dan mampu mengontrol perasaan anak ..caranya …:

1. Menjadi pendengar yang baik. Anak merasa cemas saat menghadapi hal yang tidak bisa diatasinya. Sebagai orang tua, pahamilah perasaan anak dan cobalah menanyakan apa yang terjadi pada dirinya. Anak terihat cemas jika nafasnya tidak beraturan dan banyak bergerak. Hal yang terpenting saat bertanya adalah bersikap tenang saat mendegarkan anak bercerita.

2. Berilah Sentuhan di sekitar kepala dan bahu saat menanyakan sebab kecemasan agar mereka lebih tenang.

3. Hindari bentakan, agar mereka lebih terbuka saat menceritakan sebab kecemasannya.

4. Menjelaskan arti rasa cemas, beri pengertian bahwa rasa cemas bisa dihadapi oleh semua orang. Dan berikan solusi untuk menghadapi rasa cemas itu dengan mengatur nafas, berpikir positif dan melawan rasa takut.

5. Berikan hiburan, dengan mengajak berjalan, bermain bersama, atau melakukan aktivitas yang disenangi anak.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Pesantren Darunnajah Susun Protokol Menjelang New Normal

Pondok Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabang sedang menyusun protokol kesehatan menjelang New Normal. Seperti direncanakan, pemerintah melalui Kementerian Agama  akan membuka kembali rumah ibadah dan

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Cerita Menarik dibalik Bulis Lail?

Adalah program jaga keamanan pesantren pada malam hari. Kalau di masyarakat biasa disebut ronda malam. Biasanya pada hari-hari aktif tugas mulia ini diamanahkan kepada beberapa