Sebuah kesyukuran bagi segenap civitas Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor atas lulusnya pesantren tercinta dalam tahap satu penilaian Eco Pontren Tingkat Kabupaten Bogor 2017.

Ya, pesantren di bawah asuhan KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc sejak 18 Juli 1988 ini telah mampu menyisihkan kompetitor dari pesantren-pesantren lain di Kabupaten Bogor.

Menurut sumber informasi dari Tim Rechecking Eco Pontren, bapak Cecep Iskandar Bagian Kesejahteraan Rakyat (KESRA) Pemerintah Kabupaten Bogor, tidak kurang dari 44 pesantren dinilai dalam lomba ini. 23 pesantren kategori Salafiyah (tradisional) dan 21 pesantren katagori Khalafiyah (modern).

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining yang berlokasi di Desa Argapura Kecamatan Cigudeg telah dinyatakan masuk ke dalam 6 besar kategori Khalafiyah.

Ada 5 aspek dengan 44 kriteria penilaian: Kebijakan 3 kriteria, Kurikulum 3 kriteria, Ekstrakurikuler Berbasis Lingkungan 7 kriteria, Perlikau Sehat dan Ramah Lingkungan 10 kriteria dan Sanitasi Lingkungan 11 kriteria.

Kunjungan Lapangan Tim Eco Pontren Di Pesantren Darunnajah Cipining

Maksud dan tujuan Eco Pontren Award adalah pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) bagi warga pesantren dan lingkungannya.

Tidak kurang dari 16 orang diterjunkan langsung menilai dokumen dan kunjungan lapangan. Mereka terdiri dari berbagai dinas, Kemenag dan Forum Pondok Pesantren.

Semua pesantren yang telah masuk penilaian 6 besar dipastikan akan menjadi juara 1,2,3, Harapan 1, Harapan 2 dan Harapan 3. Untuk penentuan inilah dilakukan rechecking sekaligus akumulasi penilaian tim satu dan tim dua. Juara satu pada tingkat Kabupaten Bogor akan diikutsertakan pada Eco Pontren Tingkat Propinsi Jawa Barat.

Perfotoan Bersama Tim Eco Pontren 2017

Penyerahan Buku Sejarah Darunnajah Kepada Ketua Tim Eco Pontren

Para anggota Tim Sukses Eco Pontren Award dari Pondok Pesantren Darunnajah Cipining yang terdiri dari para Kepala Biro, Kepala Madrasah, Kepala Asrama dan Bagian K4 optimis akan mendapatkan hasil maksimal. Setidaknya suasana tersebut dirasakan seusai pertemuan rechecking di wisma Kampus 3, mereka saling bersalaman sambil menyatakan: Selamat Bertemu Dalam Tim Sukses Eco Pontren Tingkat Propinsi Ya. Semoga! (wardan/mr. mim).