Santri Hanya Bisa Mengaji? Yuk Mari Mengetahui Fakta Dari Keunggulan Santri

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Fakta Masyarakat indonesia sudah tak asing lagi dengan kalangan santri. Dan bahwasannya masyarakat mungkin mengenal santri itu adalah orang orang yang belajar agama disuatu tempat, dengan ciri khas yang mengenakan peci songkok koko dan bersarung. Namun Juga masih banyak masyarakat yang belum mengenal santri.

blank

Apa si itu “SANTRI” ?  Secara umum santri adalah sebutan bagi seseorang yang menuntut ilmu agama atau pendidikan agama islam di pesantren, biasanya menetap di tempat sampai pendidikannya selesai.  Mungkin yang banyak masyarakat berfikir santri hanya bisa mengaji, sholat berjama’ah berpakain menutup aurat.

 

Sebenernya semua hal yang di fikirkan tentang santri itu merupakan kewajiban yang harus dilaksankan juga bagi masyarakat yang bukan santri. Karena sudah seharusnya kita menaati perintah Allah SWT. Namun, dengan kalian masuk pesantren dan menjadi santri, Kalian akan lebih optimal dalam melaksanakan hal-hal tersebut. Ada beberapa hal yang kenapa santri bisa dibilang keren yaitu :

blank

  1. Santri Tidak Hanya Bisa Mengaji

Dipesantren, santri itu bisa menuangkan kreativitas dalam bergaul dan berekploritasi. Kalian juga bisa mengikuti ekstakulikuler yang ada dipesantren seperti : Futsal, badmintin, basket, memanah, pidato, kaligrafi, pramuka, senam, takraw, berenang dll. Kalian bisa menampilkan bakat di setiap ada acara perlombaan tertentu.

  1. Peranturan Pesantren

Lalu, selanjutnya pasti di setiap pesantren mempunyai peraturan yang mana peraturan itu bisa membuat kalian resah dan tidak nyaman tinggal di pesantren. Berdasarkan pengalaman yang pernah ada, saat pertama kali masuk pesantren memang ada rasa takut akan peraturan-peraturan yang ada di pesantren. Namun, itu hanya saat di bayangan saja, pada saat realitanya berjalan dengan baik dipesantren.

  1. Melanggar Tak Selamanya Buruk

Pada dasarnya melanggar itu memang tidak baik. Bahwa pelanggaran yang pernah dilakukan pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil saat melakukan itu. Yang pernah dirasakan ketika kalau dipesantren belom pernah melanggar rasanya kurang anti mainstream, Karena kalian mengikuti alur dari peranturan pesantren, tidak pernag melakukan hal yang baru. Tapi, bukan bermaksud untuk mengajari yang tidak baik. Ingin mencoba silakan tapi jangan mengulangi nya lagi

  1. Hukuman Yang Bermacam Macam

Berkaitan dengan peraturan, sudah pasti ada sebuah hukuman tbagi santri yang melanggar peraturan pesantren. Pada umumnya tingkat hukuman di pesantren ada 4 yaitu : Ringan, Sedang, Berat dan Sangat Berat. Hukuman diberikan meninjau pelanggaran apa yang dilakukan  oleh santri tersebut. Hukuman ringan contohnya seperti teguran atau menghafal surat surat dll, untuk hukuman sedang bisak di botak dan di beri surat pernyataan, kalau yang berat bisa di panggil kedua orang tua dan dikembalikan proses pendidikannya

 

 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir