Manfaat Lagu Anak-anak

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Darunnajah Kindergarten, 06/04

tamankanakislam,tamankanakjakarta,tamankanakislamdarunnajah,playgroup,preschool,anakusiadini,paud,pesantrendarunnaja,mendidikanak
tamankanakislam,tamankanakjakarta,tamankanakislamdarunnajah,playgroup,preschool,anakusiadini,paud,pesantrendarunnajah,mendidikanak

Mengingat dalam kebudayaan Indonesia yang sangat majemuk, kita memiliki sejumlah koleksi lagu-lagu pengasuh anak-anak, maka sudah patutlah kita untuk turut melestarikannya. Kita mungkin sering mendengarkan lagu-lagu seperti ini sepanjang masa kecil kita. Di saat kita sedang diasuh, siapapun pengasuh kita dulu, mungkin pernah terngiang lagu-lagu seperti  Bangun tidur, Pelangi, Bintang Kecil, Aku seorang kapitan, Puncak gunung, Kebunku, Satu Dua Tiga dan lain lain.

Tetapi sangat ironis, di zaman sekarang anak-anak usia balita lebih mengenal lagu dewasa (bergenre pop, rock, jazz, RnB dll) daripada lagu usia mereka sendiri. Karena begitu banyak lagu dewasa yang diperlihatkan kepada anak. Dan anak cepat menyerap apa yang ditunjukkan dan ditontonkan ke mereka.

Ajarilah dan kenalkan lebih dulu lagu-lagu sesuai usia anak, karena lagu dewasa juga berpengaruh negatif ditinjau dari liriknya serta video klipnya.Dan lagu sangat bermanfaat untuk perkembangan anak, diantaranya :

1. Melatih Otak Kanan dan kiri

Untuk memahami fungsi otak kita, saya coba uraikan sebagai berikut:

Otak kanan: KREATIF — Bentuk, Intuisi, Lagu &musik, Warna warni, Simbol, Gambar, Imajinasi, Menghayal

Otak kiri: ANALITIK — Bahasa verbal, Matematika, Logika, Angka2, Urutan2, Penilaian, Analisis, Linier

Untuk otak kanan, hal ini sangat jelas. Bila kita berbicara tentang lagu, tentu kita juga tidak akan lepas dengan music. Agar manfaat lagu anak bagi otak kanan semakin lengkap, kita bisa meminta anak bernyanyi sambil menggambar / mewarnai, menunjukkan gambar, dan aktivitas menarik lainnya.

Manfaat lagu bagi otak kiri bisa terlihat pada saat kita meminta anak untuk mengingat lirik lagu anak, belajar berhitung dengan lagu, tanya-jawab tentang lagu anak yang dinyanyikan, dan aktivitas yang lain.

2. Melatih kemampuan mendengar

Anak-anak bisa belajar kemampuan mendengar kata-kata, baik yang sudah mereka ketahui ataupun kata-kata yang baru mereka ketahui dalam lagu. Terlebih jika didengarkan lagu dalam bahasa Inggris, akan menambah kosa kata dalam bahasa inggris.

3.  Mengubah mood Anak

Dengan sebuah lagu, anak yang tadinya terlihat lesu, malas, ngantuk, menjadi lebih ceria setelah saya ajak mereka bernyanyi lagu anak dengan “beat” cepat.

4. Belajar Bersosialisasi

Sangat bermanfaat mengajarkan lagu anak kepada siswa di awal tahun pembelajaran.  Dengan lagu anak yang diberikan, terutama lagu-lagu yang berteman perkenalan dan permainan, anak-anak menjadi lebih akrab dengan lebih cepat satu sama lain.

5. Melatih Anak Berbicara

Manfaat ini akan lebih bisa terlihat pada saat mengajarkan lagu anak kepada anak usia dini, terutama yang masih susah berbicara. Dengan lagu anak, anak-anak menjadi lebih lancar berbicara.

6. Melatih Kerjasama

Dengan lagu anak yang bertema permainan berkelompok, anak-anak bisa berlatih kerjasama. Anak-anak paling suka sebuah permainan kelompok. Salah satunya adalah dengan lagu “Buat Lingkaran” atau “Pak Tani”.

7. Memberikan Ketenangan Pada Anak

Lagu anak yang berirama slow akan lebih cocok dalam hal ini. Seperti lagu “ Nina Bobok”, cocok dinyanyikan saat menidurkan anak di malam hari.

8. Belajar Calistung (Membaca, Menulis, berhitung).

Dengan lagu “Aku bisa baca” atauLittle Indian” atau “ Satu dua tiga” kita bisa mengajak anak melafalkan huruf dalam sebuah kata, lalu menuliskannya. Juga dengan lagu yang sering dinyanyikan, anak mampu berhitung atua mengenal beberapa kata.

Sumber:  Kumpulan Lagu Anak dan Parenting Tips
sharewww.darunnajahkindergarten.com

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika