(Serang/Nurul-Ilmi.Com) Seperti biasanya setelah melakukan sholat maghrib berjamaah dimasjid Seluruh santri melakukan kumpulan wajib bersama BPS (Biro Pengasuhan Santri) pada malam minggu BPS. Kumpulan tersebut rutinitas dilakukan setiap malam minggu. Seluruh Santri wajib hadir dalam kumpulan tersebut karena dalam kumpulan tersebut banyak informasi maupun evaluasi seminggu sebelumnya yang disampaikan. Sehingga sangatlah penting untuk Santri ketahui. (14/12)

Dalam kumpulan BPS tersebut juga banyak ulasan yang disampaikan untuk seminggu kedepan diantaranya informasi mengenai kegiatan santri setelah melakukan ujian semester ganjil, rencana kunjungan santri menuju sumber air nurul ilmi, melakukan ziarah kubur ke makam pendiri darunnajah, budaya santri ketika bertemu dengan guru, kebersihan kamar dan beberapa informasi lainnya yang disampaikan.

Adapun mengenai budaya Santri ketika bertemu dengan guru (Ust/zh) adalah menyapa dengan memberi salam kemudian mencium tangannya, dalam hal tersebut untuk santriwati kepada Usth nya dan santriwan kepada Ust nya kemudian berkomunikasi, tanyakan apa-apa mengenai pelajaran yang belum dimengerti, mentaati setiap arahan serta bimbingan dari guru, dan hormat serta patuh terhadap guru karena peranan tersebut sangatlah penting untuk diterapkan.

Singkat salah seorang santri kelas 1 TMI mutiara “ Kalo ilmunya mau berkah dan bermanfaat maka hormati dan sayangilah guru kita, dan kitapun akan didoakan oleh guru kita. Karena guru merupakan orang tua kita disekolah”.