Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH., DR PH. yang diwakili oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Kesehatan dr. Bambang Giyatno MPH secara resmi membuka dimulainya Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2011 di Lapangan Gasibu, Bandung, Senin (12/9).Acara dimeriahkan oleh kehadiran  2000 anak-anak  dari 100 sekolah SD yang ikut mendemokan cara menggosok gigi yang tepat dan benar. Undangan di hibur oleh penampilan Mang Udjo beserta grup Smash

Bersamaan dengan ini, kemitraan Unilever, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) mencanangkan 12 September sebagai Hari Kesehatan Gigi Nasional terkait dengan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia (World Oral Health Day) yang dicanangkan World Dental Federation (FDI) sejak tahun 2008. BKGN 2011 ini akan berlangsung hingga 29 Oktober 2011 di 14 Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan 6 kota PDGI cabang.

Drg. Ratu Mirah Afifah.,GCClindent., MDSc mengungkapkan melalui kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, dimana salah satu caranya adalah dengan menyikat gigi secara teratur dan benar, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur dan secara rutin berkunjung ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. “Pesan ini disampaikan utamanya diarahkan kepada anak dan orang tua dengan harapan bahwa ke depannya mereka sadar akan pentingnya mengunjungi dokter gigi secara rutin serta mengetahui cara dan waktu tepat menyikat gigi”.
Drg. Zaura Anggraeni MDS, Ketua Pengurus Besar (PB) PDGI, mengungkapkan, “Pemeriksaan rutin ke dokter gigi sangat penting mengingat kesehatan gigi memainkan peran vital bagi kesehatan organ tubuh lainnya.  Kesehatan gigi yang berkualitas akan berdampak pada tubuh yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.”
Sementara itu, Prof. Dr. H. Eky S. Soeria Soemantri drg., Sp. Ortho (K), Ketua AFDOKGI sekaligus Dekan FKG Universitas Padjadjaran (Unpad) dan 14 FKG, menyatakan kesiapannya dalam penyelenggaraan BKGN 2011, ”Kami, civitas akademika FKG Unpad, menyatakan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan sebagai tempat pertama penyelenggaraan kegiatan pemeriksaan gigi gratis dalam rangka BKGN 2011. Para dokter gigi dan calon dokter gigi yang kompeten mengerahkan segenap upaya guna menyukseskan acara ini. Selain itu, dalam hal sarana dan prasana kamipun telah siap.”
sumber: detikhealth
nanink