Darunnajah – (28/10) Kongres yang diusung oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) 89 tahun yang lalu menghasilkan sebuah keputusan bahwa gerakan kepanduan harus diajarkan kepada anak semenjak dini supaya anak-anak tersebut terbiasa untuk berdisiplin dan mandiri yang mana dua hal tersebut merupakan elemen terpenting dalam sebuah perjuangan.

Hal-hal semacam mencuci sendiri, mampu beradaptasi di lingkungan baru, mematuhi peraturan selain di lingkungan tempatnya dilahirkan, seyogianya sudah harus ditanamkan semenjak mereka berada di bangku sekolah dasar. Salah satu contoh kegiatan yang mencerminkan sifat disiplin dan mandiri tersebut adalah kegiatan perkemahan yang menjadi salah satu agenda kepramukaan.

Dalam setiap perkemahan yang diadakan oleh lembaga manapun, para peserta dituntut untuk bisa bertahan hidup di lingkungan yang baru mereka lihat selama beberapa hari dan mampu menjalin hubungan sosial yang baik. Selama waktu perkemahan, gairah para anak didik sejatinya harus selalu dikobarkan meski genangan lumpur dan guyuran hujan mengiringi mereka dalam setiap kegiatan.

Kobaran semangat dari para pembimbing perkemahan diharapkan mampu memompa semangat para peserta supaya daya juang mereka benar-benar terbentuk semenjak dini karena masa depan bangsa ini benar-benar berada di tangan mereka.  Sejarah telah mencatat bahwa kemerdekaan bangsa ini merupakan hasil perjuangan para pemuda di masa lalu.

Sekali lagi, selamat hari sumpah pemuda!

whatsapp-image-2016-10-27-at-5-29-14-pm

pengarahan kakak pembimbing kepada para peserta

(ZA)