Menu

LATAR BELAKANG KESENIAN MARAWIS

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

a href=”http://darunnajah3.com/wp-content/uploads/2014/05/1-2.jpg”>img src=”http://darunnajah3.com/wp-content/uploads/2014/05/1-2.jpg” alt=”Latar Belakang Kesenian Marawis” width=”160″ height=”130″ class=”size-full wp-image-3580″ />/a> Latar Belakang Kesenian Marawis Marawis adalah salah satu bentuk seni “band tepuk” yang merupakan kolaborasi antara kesenian Timur Tengah dan Betawi . Dan cerminan sebagai lirik lagu yang dibawakan untuk pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta . Kesenian marawis indentik dengan kesenian sufi yang dibawakan oleh setiap penyair yang didalamnya mengandung pujian – pujian kepada Rasulullah beserta keluarga , para wali dan permohonan doa kepada Allah SWT .
Marawis juga merupakan alat musik yang secara umum , terdiri dari :
1. Marawis (rampel)
2. Hajir (disebut juga hajir marawis)
3. Dumpuk Pinggang
4. Dumpuk Batu
5. Simbal atau Tamborin
6. Darbuka (caltiq)
Marawis terbentuk sekitar 400 tahun lalu atau sekitar tahun 1614 . Dan ternyata penemu marawis pertama kali adalah seorang muslim yag merupakan seorang mualaf . Marawis diterima di Indonesia karena merupakan salah satu kesenian yang banyak digemari pada waktu itu .
Marawis masuk lalu menyebar di Indonesia melalui jalur perdagangan dimana didalamnya terdapat interaksi sosial antara masyarakat pribumi dengan para pedangan tersebut dari timur tengah yang merupakan para ulama yang bertujuan untuk berdagang sekaligus berdakwah . (By:Ila Novianggi)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang Banten

Pengalaman Adalah Guru Terbaik Dalam Kehidupan

Pamulang- Santriwati Darunnajah 9 tingkat Aliyah, ikut berpartisipasi dalam acara Pagelaran Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah Aliyah (AKSIOMA). Kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah MAN