Laporan Kegiatan TEACHER-STUDENTS EXCHANGE PROGRAM Darunnajah-HFCS
Menu

Laporan Kegiatan TEACHER-STUDENTS EXCHANGE PROGRAM Darunnajah-HFCS

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

LAPORAN KEGIATAN TEACHER-STUDENTS EXCHANGE PROGRAM
ANTARA PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH
DAN HOLY FAMILY CATHOLIC SCHOOL 11-25 MEI 2013
oleh : Ustadz Much Hasan Darojat, S.Q., M.A.

blankAlhamdulillah kami bersyukur kepada Allah swt. setelah tiga minggu proses pengajuan Visa program pertukaran guru dan pelajar kami terima. Hal ini cukup membuat khawatir para peserta dan guru karena diterimanya di menit-menit terakhir sebelum berangkat. Visa tersebut diproses di Kedutaan Inggris di Bangkok dan dikirim kembali ke Jakarta. Hari Jum’at tepat pukul 20.30 kami bersembilan berangkat dari Pondok Pesantren Darunnajah, dilepas oleh para guru dari tim-19 di Baitul Waqif. Mereka adalah 3 guru dan 6 santriwati: Ustadzah Rizma Ilfi (Koordinator Program), Ustadz Much Hasan Darojat (Darunnajah International Relations), Ustadz Syaeful Hadi (guru Pondok Pesantren Darunnajah Cipining), Asna Yusrina, Cahyani Anjaruddin Gadubun, Zulha Annisa Ichwan, Yulia Maulidina Fitriana, Annisa Chusnul Muasaroh, dan Nurul Fasivica Lubis.

Kami mendapatkan penerbangan menggunakan maskapai Emirates EK 359 pukul 00.40 Jakarta-Dubai. Transit selama dua jam di Dubai pukul 04.25 sekaligus menunaikan shalat subuh, dan melanjutkan penerbangan kembali dengan EK 017 Dubai-Mancester. Tiba di Mancester pukul 11.10 waktu setempat, dan dijemput oleh dua guru Holy Family Catholic School; John Parker dan Claire (keduanya pernah datang dalam program ini ke Pondok Pesantren Darunnajah). Perjalanan dari bandara Mancester ke Keighley menempuh sekitar dua jam, sesampai di sekolah pukul 13.30 kami diterima oleh pihak sekolah yang bertanggung jawab dengan program ini, Eilleen, beserta para Host Family yang akan ditempati oleh para santri Darunnajah. Pertemuan ini sebagai perkenalan lanjutan sekaligus serah terima para santri dari pihak Pondok Pesantren Darunnajah kepada para Host Family. Mereka sangat senang dengan kehadiran para santri Darunnajah, karena hal ini pertama kali terjadi setelah program ini berjalan selama 7 tahun. Adapun para guru ditempatkan di Host Family yang biasa menerima guru program ini (teacher Farzana). Semuanya di rumah keluarga muslim.

Di sore hari pukul 17.00 koodinator program (Ustadzah Rizma Ilfi ditemani oleh teacher Farzana) keliling ke para Host Family untuk silaturrahmi dan melihat langsung kegiatan yang dilakukan para santriwati Darunnajah di tempat tersebut. Alhamdulillah semuanya menyambut dengan baik. Bahkan, para tetangga juga ikut berkumpul untuk bersilaturahmi dan menyampaikan kenapa hanya enam orang. Mereka menyatakan siap ditempati sebagai Host Family di tahun-tahun yang akan datang. Sementara dua guru; Ustadz Much Hasan Darojat dan Ustadz Syaeful Hadi mendapatkan undangan dari orang tua Host Family, Bapak Saleem, untuk melihat sekolah Jamiah Madina el-Islami di Bradford, sekolah swasta yang masih baru, mengajarkan materi-materi agama Islam. Kedua guru tersebut juga bersilaturrahmi dengan Imam masjid dan para jamaah sambil berdialog tentang umat Islam di Indonesia. Para jamaah ini adalah komunitas Muslim Pakistan yang memiliki semangat berdakwah cukup tinggi. Bahkan dalam forum tersebut ada 7 orang yang menyatakan akan datang ke Indonesia untuk melihat langsung umat Islam di sana. Mereka sangat antusias dengan sesama saudara Muslim. Pukul 22.00 kami kembali ke rumah dan beristirahat. Demikian sekilas kegiatan perjalanan kami ke UK.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN