“Al-lughotu taajul ma’had”. Semangat itulah yang menjalari pelaksanaan kegiatan liburan santri dikarenakan kelas XII MA/SMA melaksanakan Ujian Nasional (UN). Senin, 15 April 2013 kegiatan bernafaskan spirit berbahasa asing bernama “Language Party” dibuka oleh kepala biro pengasuhan santri, Ustadz Achmad Rosichin, S.Pd.I.

Pembukaan Language Party

Language Party menggelar macam-macam perlombaan yang seluruh mata lomba diharuskan menggunakan bahasa asing. Salah satunya Let’s check it out. Lomba ini meminta peserta untuk menjadi seorang VJ dan membacakan tangga lagu menggunakan bahasa Inggris.

Menurut keterangan panitia, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan rasa cinta para santri terhadap bahasa terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Selain itu, tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan minat santri terhadap penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pembukaan pada Senin (15/4) pukul 9 pagi diawali dengan karnaval para peserta lomba berdasarkan kostum dan kelas masing-masing. Dilanjutkan dengan berkumpul di lapangan Tahfidz putri untuk Grand Opening yang dibawakan oleh Andini Ismayani dan Nur Sa’adah sebagai pembawa acara pada pagi hari yang cerah itu.

Acara terus berjalan hingga pada pembaca ayat suci Al-Qur’an oleh saudari Filah Kholifah. berlanjut acara selanjutnya yaitu sambutan oleh ketua pelaksana Language Party Yuana Khamsiani dan Rofiqul Azizah “As young generation we have to be a good generation than before, we hope from this competition you can love your language. caused, language is our crown” begitulah sepenggal sambutan dari ketua pelaksana, sambutan selanjutnya oleh Kepala Biro pengasuhan santri Al Ustadz Ahmad Rosichin S.Pd.I sekaligus membuka acara pagi itu dengan pemutusan pita dan pemecahan balon sebagai tanda bahwa Language Party telah dibuka.

Acara yang  paling dinanti-nanti yaitu penampilan-penampilan. Pembawa acara diambil alih oleh Saudari Raihaana Rizky dan Nidda pertiwi. Dengan pembawaan yang santai dan asik, mereka  membawa suasana pagi yang terik menjadi menyenangkan. Penampilan yang petama yaitu Singing from Syahrini dan Ahmad Dhani yang liriknya diubah kedalam bahasa Inggris dan bahasa arab diperankan oleh Saudari Himmaty dan Sahlaini. Tidak hanya itu, penampilan selanjutnya yaitu drama language oleh peserta kampus 2.

Tiba diakhir acara, para penonton harus cukup puas dengan hanya 2 penampilan dikarenakan waktu yang tidak memadai. Setelah itu, para peserta dipersilahkan untuk kumpul kelompok guna mempersiapkan lomba selanjutnya sesuai dengan agenda.

“ Pembukaannya seru. Ngga ngebosenin, ngga nyesel deh ikut Language party, jadi suka dan pengen bisa bahasa Arab-Inggris.  Al-lughotu taajul ma’had” ujar salwana zulfa peserta language party kelas 2 TMI.

“Harapan kami, dengan adanya acara Language Party yang pertama kali ini, para santri dapat memaknai pentingnya bahasa terutama Bahasa Inggris dan Bahasa Arab” ujar Resha Fujianti selaku panitia. (red_Zhofirah dan Andini Ismayani)