Dalam rangka memanfaatkan kekosongan waktu selama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi kelas Niha’I (Kelas 3 MA dan SMK), maka Pengurus OSDC putri berinisiatif mengadakan sebuah acara bertemakan Peningkatan Bahasa. Dengan acaraa tersebut diharapkan akan meningkatkan kemahiran para santri dan ketertarikannya didalam menggunakan Bahasa Arab dan Inggris. Acara yang baka diikuti oleh santri Kelas 1 MTs, Kelas 2 MTs, Kelas Intensif dan Kelas 1 MA ini diberi nama Language Party, atau Pesta Bahasa.

BahasaSebagaimana keputusan Rapat Koordinasi Pengurus OSDC bersama guru pembimbing Pengurus yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2013 di gedung Pertemuan Putri kampus 1, language party akan dilaksanakan mulai pada tanggal 15 April sampai tanggal 18 April 2013. Hari pertama pembukaan yang agendanya akan dilaksanakan pada hari Senin, 15 April 2013. Kemudian pelaksanaan lomba yang terdiri atas lebih dari 20 cabang lomba yang bertemakan bahasa akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan. Acara ini disambut positif oleh para santri Pesantren Darunnajah Cipining.

Bentuk dari acara perlombaan ini adalah pencarian santri berbakat dan mahir menggunakan bahasa Arab dan Inggris untuk diberikan gelar Queen of Language (Ratu Bahasa). Queen of Language ini adalah santri terpilih setelah mendapatkan score tertinggi dari sekian jenis cabang lomba yang diikutinya. Seperti yang disampaikan oleh Pembimbing pelaksanaan dari acara ini, Usth Ruri Ajeng Septiara menyampaikan harapannya semoga acara ini dapat memicu semangat para santri untuk terus meningkatkan kemampuannya didalam mendalami bahasa Arab dan inggris.

Sesuai hasil rapat diputuskan bahwa, Grand Opening akan dilaksanakan pada hari pertama yakni Senin 15 April 2013. Bertempat di depan Gedung Tahfidz Putri, acara pembukaan tersebut akan menampilkan beberapa perform dari beberapa santri. Penampilan tersebut adalah ekspresi para santri didalam berbahasa. Ada penampilan drama, menyanyi, dan lain sebagainya yang semuanya tentu saja dibawakan dalam 2 bahasa wajib pondok; Arab dan Inggris. [BATAS/v3/Abu]