Kunjungan Tim Monitoring Darunnajah ke Lokasi PPM 2012/2013
Menu

Kunjungan Tim Monitoring Darunnajah ke Lokasi PPM 2012/2013

kunjungan ke PPM 2013

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

kunjungan ke PPM 2013JAKARTA/dn.com – Liburan Semester pertama ini bertepatan dengan diadakannya kegiatan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan sejak tanggal 26 Desember 2012 – 8 Januari 2013. Sebagai bentuk perhatian dari Pesantren, para peserta PPM mendapatkan kunjungan/monitoring dari Asisten Pimpinan, Kepala Biro, Kepala Sekolah, Pengasuhan Santri dan guru-guru lainnya.

Rombongan yang berjumlah 12 orang tersebut berangkat dari Jakarta pada Selasa sore, 1 Januari 2013 dengan kendaraan elf Pesantren. Tujuan pertama ke Brebes, bertepatan dengan resepsi pernikahan Usth. Yurmaeni, S.Pd.I dengan Daud. Setelahnya, hari Rabu, 2 Januari 2013 sekitar pk 10.00 Wib rombongan bertolak menuju Kab Kuningan Jawa Barat. Pukul 15.20 Wib Tim monitoring putra setelah menempuh jalan naik dan turun, tiba di Kelompok 2 di Desa Cimenga, Kec Darma. Di antara kegiatannya mengadakan Tabligh Akbar Tanggal 6 Januari 2013.

Kamis, 3 Januari 2013, rombongan tiba di Gunung Sirah, salah satu lokasi PPM santri kelas 6 TMI Darunnajah merupakan desa tertinggi di Kabupaten Kuningan, demikian kata salah seorang pengurus TPA di desa itu. Memang di atasnya masih ada desa lagi, tapi sudah masuk wilayah kabupaten lain. Pagi itu Tim Monitoring melaksanakan kunjungan yg pertama, hari ke-2. Di masjid sedang diadakan lomba antar TPA di Desa Gunung Sirah.

Alhamdulillah, tepat pukul 16.00 kami mencapai desa terakhir atau kelompok ke-20, tepatnya di Desa Gunung Keling Kec. Cigugur. Saat itu para santri sedang mengajar Iqro’ di masjid.

Dengan demikian 20 kelompok sudah dikunjungi selama dua hari ini. Total desa yang dikunjungi ada 20 desa yg terdiri atas 9 kelompok santri putra dan 11 kempok santri putri. Setiap kelompok terdiri atas 10 santri dan 2 sampai 3 pembimbing. Para pembimbing ialah mahasiswa STAIDA semester 6.

PPM tahun ini umumnya ditempatkan di desa2 di lereng Gunung Ciremay, bahkan beberapa desa berada di posisi lereng paling tinggi sehingga dalam perjalanan menuju lokasi cukup spot jantung juga, dan kemarin mobil sempat berhenti di tanjakan dan oper gigi satu. Masyarakat desa di Kabupaten Kuningan khususnya di lereng Gunung Ciremay, sepintas ekonominya bagus, indikatornya rumah mereka dari semen dan bagus, hampir tidak kita jumpai rumah dari kayu. Rumah-rumah dengan model baru dan warna cat yang mencolok. Masjid juga bagus. Jalan desa umumnya sudah diaspal dan terpelihara baik. Sampai ke desa yg paling tinggi juga sudah diaspal.

Hanya saja pendidikan formal, masih tertinggal. Pendidikan yg ada hanya sampai SD. Kita jarang melihat sekolah SMP maupun MTs, apa lagi SMA atau Madrasah Aliyah. Pendidikan di sini memang cukup tertinggal jika kita bandingkan dengan lokasi PPM di kabupaten lain: Cirebon, Brebes, Ciamis, dan Majalengka. Informasi dari tokoh masyakat, setelah anak2 tamat SD mereka bekerja di kota, ke Jakarta atau kota-kota lainnya. Maka anak-anak PPM umumnya mengajar di TPA atau MD karena SD sedang libur. Juga mengikuti kegiatan majlis ta’lim yg ada.

Rombongan terus meluncur kembali ke Jakarta sore tgl 3 januari 2013 mampir ke Pesantren Madinatunnajah Cilimus Kuningan Jawa Barat

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait