Search
Close this search box.

Kunjungan Silaturahim Ponpes Madinatunnajah Cirebon

blank

Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Madinatunnajah Cirebon bersama rombongan asatidz dan santri lainnya Jum’at, 26 Mei 2023 melakukan kunjungan silaturahim ke Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.

Turut hadir wakil Dewan Nadzir Drs. K.H Mustofa Hadi Chirzin dan Rektor Universitas Darunnajah Ust Much. Hasan Darojat, P.Hd untuk menyambut rombongan para Santri yang sangat berantusias untuk melihat langsung aktifitas Santri Darunnajah Jakarta di pagi hari.

Kunjungan silaturahmi Ponpes Madinatunnajah Cirebon yang berjumlah 35 orang diawali dengan keliling di lingkungan sekolah dan asrama Pondok Darunnajah serta dilanjutkan dengan dialog dengan Ust Mustofa dan Ust Hasan mengenai sistem pendidikan di pesantren dan pendidikan di Ponpes Darunnajah.

Selain itu, untuk mengetahui lebih lanjut, pengurus Organisasi Santri Madinatunnajah (OSMN) juga saling bertanya dan bertukar informasi seputar Organisasi Santri Darunnajah (OSDN).

blank

Ustadz Hasan dalam mengawali sambutannya, mengingatkan akan pentingnya berproses di organisasi dan semangat santri dalam belajar. Ketika santri sudah memahami pentingnya belajar, sholat di Masjid, dan olahraga bersama akan menjadikan ia sadar atas tanggung jawabnya. 

Di sesi tanya jawab, terdapat beberapa pengurus OSMN yang mengajukan pertanyaan. Salah satunya, pertanyaan dari Ketua OSMN mengenai bagaimana kegiatan OSDN di Darunnajah berjalan.

Seperti halnya organisasi lainnya, sebagai ketua dalam menjalankan tugas harus memiliki perencanaan, pembagian tugas, pelaksanaan, proses kontroling, dan evaluasi.

Contohnya, di setiap Senin siang seluruh bendahara bagian di Pondok dan bagian organisasi harus melaporkan audit keuangan kepada Asatidz dari Department. Adanya pengecheck an ini sangat penting bagi santri untuk bertanggung jawab dalam mengatur keuangan.

blank

Adapun pertanyaan dari OSMN bagian olahraga akan bagaimana cara meningkatkan minat santri berolahraga? 

Menurut Ustadz Hasan, membuat perencanaan mingguan dan bulanan yang matang akan memudahkan pengurus untuk melaksanakan kegiatan olahraga.

Contohnya, pemilihan olahraga wajib mingguan seperti senam atau lari pagi bersama di hari Selasa dan Jum’at pagi. Kegiatan bersama ini harus disosialisasikan  terlebih dahulu dengan pengurus dan anggota organisasi.

Kedua, antar pengurus organisasi harus saling menguatkan kerjasama dalam memberikan contoh yang baik bagi adik kelas nya. Pengurus OSDN harus memulai menjadi yang pertama dalam melaksanakan tugas sebagai santri dan mengajak yang lainnya dalam kebaikan sehingga dapat memotivasi santri lainnya. 

blank

Kegiatan kunjungan dan silaturahim ini ditutup dengan pertanyaan santri akan rasa penasaran santri Ponpes Madinatunnajah Cirebon terkait informasi Penerimaan Mahasiswa baru Universitas Darunnajah.

Kepala Pengasuhan Santri Ponpes Madinatunnajah Cirebon turut merekomendasikan para santrinya untuk melanjutkan studinya di Universitas Darunnajah mengingat nilai lebih yang dimilikinya seperti banyaknya program yang ditawarkan, suasana pesantren mahasiswa yang Islami, lokasi di lingkungan Ibukota yang strategis, dll. (Usth Anisa Rasyida,B.Hsc) 

 

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah