Menu

Kuat Dan Sehat, Ini Dia 6 Manfaat Mempelajari Beladiri

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Asian Games 2018 kemarin masih menyisakan rasa kagum terhadap beberapa cabang olahraga. Salah satunya adalah pencak silat lantaran berhasil menyapu bersih medali emasnya.Tidak salah jika bela diri tersebut menjadi populer di kalangan remaja, membuat siapapun ingin mengikutinya. Tetapi apakah kamu tahu jika bela diri membawa banyak manfaat kepada tubuhmu?
Penampilan Tapak Suci Pada All Star Show

Perlu diingat, bela diri adalah ekstarkulikuler wajib di pesantren darunnajah, bela diri juga dapat mengolah tubuhmu sedemikian rupa sehingga kamu sedikit banyak akan merasakan manfaat kegiatan tersebut. Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti bela diri.

1. Olahraga sepenuhnya

Martial Art (unflash)

Bela diri merupakan olahraga sepenuhnya di mana kamu menggunakan seluruh otot di tubuhmu. Lewat bela diri, stamina, massa otot, kelincahan, keseimbangan, kekuatan, semuanya akan meningkat.

2. Lifestyle yang sehat

Karena bela diri, sejujurnya tubuhmu sendiri sudah terlatih untuk sehat. Namun perlu diingat juga bela diri juga membuatmu belajar tentang pentingnya diet yang sehat. Kamu akan dapat makan lebih sedikit dengan kurasi makanan yang lebih sehat pula.

3. Kepercayaan diri

Confident (unflas)

Latihan bela diri membuat bentuk tubuhmu proporsional. Selain itu bela diri juga memberikanmu sebuah tujuan untuk dicapai serta semangat positif. Lewat ini, kamu menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai situasi dan kamu pun memiliki pikiran optimistis untuk bisa menyelesaikan segala masalah.

4. Meningkatkan kemampuan organ kardiovaskular

Studi menunjukkan satu-satunya cara melatih sistem kardiovaskular adalah melalui kegiatan-kegiatan yang memberikan tekanan kepada jantung. Salah satu kegiatan itu adalah bela diri.

5. Meningkatkan refleks

Pesilat Menghindari Sabetan Golok

Refleks yang dimaksud oleh para ilmuwan ini tidak hanya berlaku untuk refleks fisik saja, melainkan juga untuk mental. Tubuhmu bakal bereaksi lebih cepat dalam segala hal di kegiatan sehari-harimu. Hal ini sangat penting terlebih untuk menghindari kecelakaan, seperti kegiatan mengemudi dan lainnya.

6. Pembentukan otot

Muscle (shutterstock)

Berkat bela diri, kamu dapat meningkatkan massa ototmu secara besar-besaran. Semakin tinggi massa ototmu, maka semakin tinggi pula metabolisme yang kamu punya. Kalori pun dapat lebih banyak terbakar sehingga tidak ada penumpukan lemak yang menyebabkan obesitas.

Satu jam sesi bela diri dapat membakar kalori hingga 500 kalori. Massa otot yang tinggi juga dapat meningkatkan kelincahan, mencegah kamu untuk mudah terjatuh akibat bertambahnya umur.

Begitulah manfaat-manfaat bela diri. Bela diri apakah yang ingin kamu coba? Tiap bela diri punya olah tubuh yang berbeda lho sehingga bentuk tubuh idealmu juga akan berbeda. Jadi kalau tujuanmu mengolah bentuk badan, carilah bela diri yang sekiranya banyak bergerak.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait