Koordinasi Dua Smk Darunnajah Via Internet

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
SERANG/dn3.com – Darunnajah yang saat ini memiliki 11 cabang pesantren yang mengelolah 54 lembaga pendidikan, tersebar di Nusantara ini tidak menghalangi komunikasi dan interaksi sesama pengurus Pesantren cabang dan pusat. Hari Rabu malam tanggal 11 juni 2008, SMK Darunnajah 3 Al-Manshur, yang beralamat di Serang Prov Banten, dan SMK Darunnajah 6 An-Nakhiil yang beralamatkan di Sambirejo Pasar BAntal Kab. Muko-Muko, Bengkulu, mengadakan chatting untuk menjalin koordinasi berkenaan penanganan dan pengembangan SMK di Bengkulu. Chatting tersebut berlangsung kurang lebih 2.5 jam, dari jam 19.00 – 21.30 WIB. Melakukan chatting antar daerah merupakah hal yang biasa, namun yang satu ini luar biasa. Bagaimana tidak, satu lokasi di Serang daerah terpencil Pabuaran dan lokasi lainnya di tengah perkebunan Sawit 6 jam dari kota terdekat, tidak ada listrik, tidak ada jalan aspal (3,5km), jauh dari tetangga.

Dari koordinasi lewat dunia maya tersebut, menghasilkan keputusan dan strategi yang diambil dalam pengambangan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) yang masih akan dikembangkan oleh Darunnajah di beberapa Pesantren cabangnya, diantara keputusan yang dibicarakan adalah :
1. menunjuk penanggungjawab yang definitif untuk menangani SMK di Bengkulu yang fokus
2. memperbaiki sistem pembelajaran yang ada, khususnya pembelajaran praktek.
3. SMK Darunnajah 3 lewat Yayasan Darunnajah 3 mengirim alumninya sejumlah 3 orang untuk membantu proses pengajaran di SMK Bengkulu sebagai Tim inti Pengajar SMK Bengkulu.
4. Mengingat SMK Darunnajah 6 Bengkulu sudah menginjak tahun kedua. Maka harus segera mengurus MOU untuk menginduk di SMK Negeri terdekat dan Izin Operasional di Dinas Pendidikan Kabupaten setempat agar  diakui eksistensinya di Diknas setempat.
5. SMK Darunnajah 3 akan membantu memberikan berkas kurikulum, silabus, contoh jadwal pelajaran, modul-modul pembelajaran, dan contoh Proposal – proposal.
6. Selalu menjalin koordinasi antar SMK di lingkungan Darunnajah. Jika memungkinkan bisa saling silaturrahim secara langsung.

SMK kedua cabang Darunnajah yang fokus kepada jurusan Teknologi Informasi ini merupakan sebagian cabang yang akan terus dikembangkan di beberapa vcabang berikutnya. SMK Darunnajah 6 telah berjalan 1 tahun ajaran, sedangkan SMK Darunnajah 2 Serang telah menghasilkan 1 alumni pertamanya tahun ini (tahun ke 4).

Beberapa keputusan dan strategi yang diambil selama pembicaraan yang berlangsung antara SMK Darunnajah 3 Serang dan SMK Darunnajah 6 Bengkulu.dengan koordinasi ini diharapkan kedua belah pihak dapat terus sering sharing pengetahuan dan pengalaman untuk kemajuan SMK di lingkungan Darunnajah khususnya.ke depan, InsyaAllah SMK Darunnajah 3 SERANG juga akan mengadakan koordinasi dengan SMK Darunnajah 8 Cidokom Bogor.

Alhamdulillah chatting sebagai sarana koordinasi yang semula dijembatani oleh Pimpinan Darunnajah pusat, Drs.H. Sofwan Manaf, M.Si ini menghasilkan beberapa kesepakatan dan strategi bersama dalam pengembangan SMK di Bengkulu.

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir