Menu

Kiat Sukses dalam Kegiatan PDPM

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Alhamdulillah setelah melewati rangkain ujian maupun kegiatan akhir kelas XII MA, kini t para santri siap dihadapkan dengan kegitan penutup yakni PDPM (Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat). Dalam hal ini seluruh santri di bagi langsung menjadi 9 kelompok. Salah satu cara untuk dapat mensukseskan kegiatan tersebut, pesantren adakan berbagai macam pembekalan maupun simulasi yang berkaitan langsung dengan hal-hal yang akan di butuhkan di kegiatan PDPM. Sabtu(20/04/13).

Kegiatan tahunan ini memang memiliki potensi yang besar untuk dapat bekali santri dalam rangka mempersiapankan diri untuk terjun di kalangan masyarakat setelah lulus nanti. Hal ini di dukung dengan adanya pembekalan ataupun pemadatan. Sebelum diadakan pembekalan,  para peserta di berikan waktu untuk dapat berlatih selama 1 bulan guna  belajar memperdalam kembali ilmu maupun wawasan tentang adab-adab harian, Khitobah, Imamah, Tahlil, Keputrian, Qiroatul Qur’an, Wirid dan Doa-doa dll. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan hal-hal yang di butuhkan di khalayak masyarakat.

Kegiatan Pemadatan PDPM di awali dengan Upacara Pembukaan yang di bawakan oleh saudari Zulfah Qurrotu Aini selaku moderator santriwati kelas XII MA, acara di lanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Biro Dakwah dan Humas yakni Ust. Katena Putu Ghandi S.Pd.I, setelah itu disusul dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala MA yakni Ust. Musthofa Kamal S.Pd.I, M.Ag. dan ditutup dengan pengarahan tata tertib peserta PDPM yang di sampaikan langsung oleh Ust. Sholehudin Hidayat selaku Ketua Pelaksana PDPM 2013.

Kegiatan tersebut  berlangsung selama 3 hari terhitung sejak tanggal 20 April 2013 – 22 April 2013 tepatnya di Aula Kampus 3 Pesantren Darunnajah Cipining. Adapun materi yang diberikan pada kesempatan tersebut meliputi: Menjadi Pramuka yang handal, Bimbingan Latihan Penulisan dan Laporan, Strategi Pengajaran di SD/MI dan BCM, Kiat Sukses dalam Aneka Kegiatan PDPM, Mengenal Lebih Dekat Masyarakat Betawi, Menyikapi Khilafiyah di Masyarakat dan Latihan Operasional. Tak salah para narasumberpun di ambil langsung dari para guru yang memiliki peran yang sangat berkaitan dan berkompeten di bidangnya masing-masing.

Yang lebih menarik dalam materi Latop (Latihan Operasional) merupakan agenda finishing dalam kegiatan tersebut. Karna para santri di berikan tugas langsung untuk dapat terjun dan mempraktekan hal-hal yang akan dilakukan ketika di masyarakat nanti. Salah satunya panitia menugaskan kepada setiap kelompok untuk dapat bersilaturahmi kepada  3 guru yang telah di musyawarahkan oleh kelompok masing-masing. Hal ini bertujuan agar para santri berlatih uji mental ataupun mengasah kemampuan berbicara dalam hal berinteraksi.

Semoga dengan diadakannya kegiatan pembekalan tersebut dapat membantu para santri dalam hal bersosialisasi di masyarakat nanti. dan dapat menjadi wahana latihan yang sangat bermanfaat. Amin

(WARDAN/Annisa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Guru Atau Dokter
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Tentukan Pilihan Mu Sekarang! Mau Jadi Guru Atau Dokter?

Sedari kecil dulu kalau ditanya cita-cita nanti besar mau jadi apa maka diantara jawaban anak-anak mayoritas adalah ingin jadi dokter. Jawaban tersebut antara lain disebabkan