Khataman dan Kreasi Santri Niha’i

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Bertempat di gedung pertemuan putri Darunnajah Cipining, sebuah acara spektakuler digelar. Berbentuk sebuah kreasi seni yang dibalut dengan acara tasyakuran santri kelas akhir/Niha’i (XII MA), ruangan yang baru digunakan beberapa bulan itu, terasa penuh sesak oleh para santriwati dan hadirin. Penonton yang memenuhi ruangan tersebut, telah menantikan acara sedari sore hari, Minggu (13/05/12).

Suasana Khataman Santri

Acara tasyakuran  merupakan acara tahunan sebagai kegiatan yang menandai rasa kesyukuran santri Niha’i yang telah mampu melewati segala ujian dan rintangan mereka selama 6 tahun menimba ilmu di pesantren. Berbagai situasi dan kondisi, baik duka maupun suka, telah terlewati dengan penuh kesabaran dan kegigihan. Tidak ada kata menyerah untuk menggapai masa depan. Dan kini saatnya, mereka menikmati perjuangan itu. Bersyukur menjadi hal paling tepat bagi para santri tersebut agar jalan selanjutnya kian dimudahkan dan diridhoi oleh Allah SWT.

Acara rasyakuran dihadiri langsung oleh Ibu Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Cipining, Ustadzah Rahmah, Ust. Ahmad Rosichin S.Pd.I, (Ka. Biro Pengasuhan), Ust. Kamilin As, (Kepala Asrama Putri ), dan segenap dewan guru beserta santri cilik.

Saat memasuki acara, Putri Khoirunnisa & Nurmala bertindak sebagai MC, keduanya merupakan santri kelas akhir asal Bogor. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh saudari Nihlah Ayu Hidayati. Sebagai identitas santri, sepanjang acara, panitia dan pengisi penampilan menggunakan bahasa resmi pesantren, Arab dan Inggris.

“Acara Tasyakuran merupakan ajang kreasi santri kelas akhir, yaitu penampilan persembahan terakhir dari apa yang telah kami dapatkan di Pondok Pesantren ini. Kami segenap jajaran angkatan 19, Blizartium, ingin mengucapkan kepada seluruh keluarga besar Darunnajah Cipining yang selalu memberikan dorongan, dukungan, motivasi kepada kami hingga dapat mencetak generasi Muallimien dan Muallimat” ujar Risya Fitriana dalam sambutannya selaku ketua pelaksana acara tasyakuran Niha’i 2012.

 

Tak hanya itu, selain sebagai ajang kreasi santri serta sebagai rasa apresiasi berterima kasih kepada seluruh jajaran dewan guru maupun adik-adik tercinta, mereka menggelar sesi  Khataman Al-Qur’an bersama yang dipimpin oleh Ustadzah Istiqomah, pembimbing guru tahfizhul Qur’an.

Tepat jarum jam menunjukkan pukul 20.00 WIB, gelar kreasi atau yang lebih akrab dengan sebutan PG (panggung gembira) dimulai. Seluruh santriwati atau adik-adik kelas lainpun turut berpartisipasi memberikan penampilan persembahan terakhir untuk kakak kelas tercinta. Tak kalah seru, 2 MC kocak turut meramaikan suasana yaitu Fifi Ramandati & Kurniati Muharom Amir.

Diawali dengan penampilan Tim Qasidah ‘Gaul’ yang dipersembahkan oleh kelas akhir, dan disusul dengan penampilan adik-adik kelas tercinta. Mulai dari Tari Kombinasi, pertunjukan Sulap, Tari Saman, Drama Musikal, Nasyid, Puisi dll. Penampilan ditutup dengan pemutaran video dokumentasi ‘pahit dan manis kehidupan di Pondok Pesantren’ yang  telah dilewati kelas akhir. Liputan sejak mereka duduk dibangku kelas VII hingga XII. Tak terasa, beberapa cucuran air mata mulai membanjiri pipi para audien.

“Bukan kesedihan yang ingin kita kondisikan, semoga acara ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Memberikan pengalaman hidup bagaimana hiruk pikuk perjuangan santriwati selama menempuh perjalanan 6 tahun di Almamater tercinta” jelas salah satu santri Niha’i.

Setelah usai segala penampilan, acara tashofahan bersama dengan segenap Ustadzah dan seluruh santri dilakukan. Beberpa pengambilan foto bersama juga dilakukan sebagai bentuk kenang-kenangan. Semoga dengan tamatnya mereka dari pondok pesantren ini, ilmu yang mereka dapatkan, mampu dimanfaatkan diluar nanti, agar setiap generasi dapat mendobrak perkembangan yang pesat bagi kemajuan umat Islam, khususunya di negara Indonesia. Selamat berjuang…! (Warna/Putri Khoirunnisa)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir