Alhamdulillah, menyusul telah selesainya semua rentetan program pendidikan dan pengajaran di pesantren Darunnajah Cipining, santri kelas akhir (niha’i) mengadakan acara syukuran.  Acara syukuran angkatan 18 yang menamakan dirinya ‘Victory’ dilaksanakan di auditorium Pondok Pesantren Darunnajah Cipining. Acara kali ini menjadi sangat khidmat karena berbarengan dengan buka puasa bersama. Kamis (12/05/11).

Hadir dalam acara ini seluruh santriwan dan santriwati Darunnajah Cipining dan disaksikan pula oleh Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Cipining, K.H. Jamhari Abdul Jalal, Lc, kepala biro pendidikan, Ustadz Faruq Abshori, S.Pd.I.  kepala biro pengasuhan santri, Ustadz Achmad Rosichin, S.Pd.I., kepala MA, Ustadz Musthofa Kamal, M.Ag, serta segenap dewan guru.

Sebelum acara dimulai santriwan kelas niha’i mempersembahkan beberapa lagu pada penampilan marawis. Sesaat kemudian, pembukaan acara dibawakan oleh saudara Fawwazul Haq dan M. Kurniawan Al-Basir. Berlanjut pada acara kedua yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh saudara Annas Nasrullah. Para hadirin pun terlihat sangat khidmat dalam mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an.

Beberapa acara penting di dalamnya adalah sambutan dan arahan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh saudara Arief Budi Kusuma santriwan kelas niha’i selaku ketua pelaksana Tasyakuran 2011. Sambutan kedua disampaikan oleh saudara Chairul Rahmat selaku ketua angkatan 18, sekaligus pemberian kenang-kenangan kepada Ka. Biro Pengasuhan Santri.

”Setelah sekian banyak proses belajar mengajar akhirnya berakhir sudah waktu kami dalam menuntut ilmu di Pondok tercinta ini. Hari demi hari, Pekan berganti bulan, tahun demi tahun, sebuah dorongan, arahan, bimbingan, yang selalu diberikan oleh para guru menjadikan kami sebagai sebuah harapan yang dinanti-nanti” ujar Chairul Rahmat di hadapan dewan guru.

Setelah itu disusul dengan sambutan yang disampaikan oleh Ust. Rosichin, dan yang terakhir adalah pemberian nasihat dari Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining, KH Jamhari Abdul Jalal, Lc.

Di sela-sela bergantinya acara, panitia menampilkan beberapa slide dokumen foto dan kegiaan tentang perjalanan kehidupan angkatan ‘Victory’ di Pesantren selama 6 tahun yang dibantu dengan layar in focus. Setelah itu telah sampaila pada acara inti yaitu Khataman Qur’an bersama yang dipimpin oleh saudara Rizki Maulana, santri kelas niha’i yang telah menyelesaikan hafalan Qur’annya sebanyak 30 juz.

Saat Maghrib tiba Suara adzan pun mulai berkumandang dan akhirnya do’a berbuka puasa mulai dibacakan. Para hadirin menikmati buka puasa bersama hidangan dari santri niha’i. Kemudian acara dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjama’ah.

Usai melaksanakan shalat Maghrib berjama’ah, seluruh santri melaksanakan makam malam bersama. Uniknya, makan bersama kali ini tidak dilakukan secara individu, melainkan diberikan 1 helai daun pisang pada tiap-tiap kelas, dan alhamdulillah seluruh santri pun sangat antusias dan sangat menikmati hidangan yang telah disediakan.

Malam harinya, suguhan berbagai penampilan atau persembahan terakhir yang ditampilkan oleh santri kelas niha’i. Tidak lupa pula dalam kesempata kali ini pun diadakan doorprize yang membuat para hadirin semakin heboh dan berlomba-lomba dalam menjawab pertanyaan. Penampilan yang pertama  diisi dengan penampilan dari para tim nasyid yang dilanjutkan oleh tim marawis kombinasi dengan organ tunggal serta diakhiri dengan penampilan guitar acoustic sekaligus menyanyikan lagu angkatan 18.

Acara ditutup dengan tashafahan bersama yang diiringi dengan tangisan. Jalan masih panjang, sehingga setiap kali mendapat kenikmatan perlu disyukuri, agar perjalanan selanjutnya penuh do’a dan berkah. Amin. (Warna/ Zakia, Putri KH)