Keutamaan Sholat Dhuha

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Apa itu Sholat Dhuha?

Loading...

Sholat dhuha merupakan Shalat yang dilaksanakan pada waktu Dhuha, yakni saat matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbit sampai waktu zuhur tiba.

Meskipun begitu, ada beberapa anjuran yang menyebutkan bahwa shalat dhuha ini lebih baik dilakukan pada akhir waktu dhuha.

Meskipun baik awal waktu maupun akhir waktu, shalat dhuha ini tetap mempunyai banyak keutamaan. Untuk pelaksanaannya pun tidak jauh berbeda dengan shalat fardu pada umumnya.

Sholat dhuha dilaksanakan minimal dua rakaat, dan ada beberapa bacaan surat yang baik dibaca saat pelaksanaannya, yaitu surat Al-Waqiah, Surat Asy-Syams, Surat Ad-Dhuha, Surat Al-Kafirun, Surat Quraisy, dan Surat Al_Ikhlas.

Apa Keutamaan Sholat Dhuha?

Keutamaan Sholat Dhuha ada banyak sekali, terlebih masalah rezeki. kebanyakn umat muslim melaksanakan sholat ini karena punya keinginan atau ingin rezekinya dilancarkan oleh Allah.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan shalat dhuha :

Loading...
  • Dibuatkan Istana Surga

Nabi Muhammad SAW dalam hadist riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah bersabda mengenai keutamaan sholat dhuha 12 rakaat. Bagi yang mengerjakannya akan diberikan Allah SWT istana di surga.

“Barang siapa sholat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga.”

  • Diampuni Dosanya

allah SWT akan mengampuni umat-Nya yang mengerjakan sholat dhuha di pagi harinya. Hal itu sesuai dalam hadist Rasulullah dalam riwayat Tirmidzi.

” Siapapun yang melaksanakan sholat shuha dengan langgeng akan diampuni dosanya oleh Allah, Sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.”

  • Mencegah Penyakit 

Dikutip dari buku” Berkah Sholat Dhuha”karya M Khalilurrahman Al Mahfani, seorang profesor medis Dr Ha Ali Saboe dan Prof Dr Vanshreber mengatakan bahwa setiap gerakan sholat memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh hingga tak terhinnga.

  • Menambah Rezeki

Dalam hadist riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, ” Sesungguhnya Allah SWT berfirman ‘ wahai anak adam, sholatlah untuk-ku empat rakaat pada permulaan siang, niscaya akan aku cukupi kebutuhanmu pada sore harinya.”

  • Dapat Pahala setara Umroh

Dikutip dari buku ‘rahasia Kedahsyatan Shalat Sunah Setahun Penuh’ oleh Ust M kamaluddin,S.Pd, IMM, berdasarkan Shahih al-jami’:6346 “barang siapa yang mengerjakan sholat fajar (Subuh) berjamaah, kemudian ia (setekah usai)duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia sholat dua rakaat (dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umroh,sempurna, sempurna,sempurna.

dn.com/daffa.al

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah