Jannatunnulu, Santriwati Darunnajah 2 Cipining sebagai salah satu peserta terbaik KMD 2018

Alhamdulillah, kegiatan Kursus Mahir Dasar Ke-32 yang diadakan di Pesantren Darunnajah 14 Nurul Ilmi Serang pada tanggal 21 Oktober lalu telah usai. Walaupun rangkaian agenda yang terbilang cukup lama tersebut karna memakan waktu kurang lebih 6 hari lamanya, namun kesan para santri setelah mengikuti kegiatan tersebut cukup mencengangkan. Pasalnya para peserta khususnya para santri kelas 5 TMI asal Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor mengaku sangat senang dan memiliki banyak sekali kenangan dan pengalaman yang tak terlupakan seputar kegiatan KMD tahun ini.

Dalam kegiatan KMD para peserta disguhkan dengan berbagai seminar dan pelatihan seru mengenai kepramukaan yang disampaikan langsung oleh para Pembina handal di bidangnya. Yang lebih menarik, acara diadakan di berbagai lokasi baik indoor maupun outdoor, sehingga setiap acara berjalan dengan lancar, seru dan menarik. Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut juga diadakan miss point plus plus, yakni sebutan untuk salah satu panitia yang menangani langsung untuk mencatat nama peserta yang aktif dan kreatif selama kegiatan setiap sesi berlangsung.

Kabar baiknya, di penghujung acara KMD diumumkan the best ten peserta KMD yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri terbaik yang terdiri dari berbagai pesantren darunnajah, baik pusat maupun cabangnya. Alhamdulillah tahun 2018 ini, peserta dari Kontingen Darunnajah 2 Cipining berhasil meraih banyak tempat dalam predikat the best ten peserta KMD Ke-32. Mereka adalah:

PUTRI

  1. Jannatun Nulu Aily (Point 465)
  2. Fitri Widiastari (Point 467)
  3. Novia Aulia Amara (Point 459)
  4. Neng Jihad Uswatun Hasanah (Point 437)
  5. Aulia Sahda Rahima (Point 456)
  6. Qotrunnada Supratikno (Point 452)
  7. Lany Budy Damayanti (Point 439)

PUTRA

  1. Bayu Arif Sulan
  2. Faturahmah Zain
  3. Taufiqurrohman

Yang tak kalah menarik, 2 santri Darunnajah 2 Cipining Bogor atas nama Ananda Bayu Arif Sulan dan Fitri Widiastari memperoleh nilai tertinggi dalam 10 terbaik peserta KMD yang telah dipilih dan dinilai langsun oleh segenap panitia. Kabarnya, 2 santri tersebut akan mendapatkan hadiah dari Pimpinan Darunnajah Pusat Ulujami Jakarta yakni KH. Sofwan Manaf, M.S.i yakni Tiket Gratis ke Negara Turki. Masyaallah! Allahu Akbar!

Semoga dengan prestasi yang telah diraih, mampu menjadi cermin kesemangatan bagi para asik-adik kelasnya untuk dapat menghasilkan prestasi yang lebih baik lagi khususnya dalam bidang kepramukaan. Berikut bebeapa hasil interview langsung kepada peserta KMD dari Pesantren Darunnajah 2 Cipining yang menceritakan langsung kesan, pesan hingga pengalaman menariknya selama mengikuti kegiatan KMD di Ponpes Darunnajah 14 Nurul Ilmi Serang Banten.

 “Seru, punya banyak temen, bisa dapet banyak materi seputar kepramukaan dari yang paling dasar.  Mulai dari siaga, Penggalang sampe penegak. Sampai kita tahu berbagai ilmu baru dan tata cara upacara yang baik, bagaimana pakaian yang benar untuk para andika, dan tetap menjunjung tinggi kekompakkan walaupun terdiri dari berbagai santri Darunnajah grup. Selama kmd juga ada banyak banget cerita seru yang mengharukan, dari mulai waktu turun hujan, tenda bocor bahkan sampe rubuh. Tapi itu semua cukup jadi pengalaman.  Yang lebih menyenangkan karna peserta pesantren darunnajah 2 cipining bisa menjadi the Best ten yang terdiri dari 7 putri darunnajah 2 cipining.  Wow, keren banget kan! Harapannya untuk adik kelas berikutnya wajib ikutin kegiatan ini, harus aktif, jangan lupa borong predikat the Best ten”. Rachmi Aulia kelas 5 D.

Kesan setelah mengikuti KMD, rasanya gak bisa berkata-kata.  Banyak banget ilmu yang udah didapat setelah ikut kegiatan KMD selama 6 hari.  Segalanya seru dipaksa, dipaksa untuk bisa mandiri, disiplin, dll.  Termikasih untuk pesantren darunnajah yang udah ngadain acara paling mendidik dan positif kaya KMD tahun ini.  Intinya kmd itu unforgetable moments.  Harapannya kegiatan KMD tahun depan harus lebih baik dan menarik lagi. Karna ilmunya berpengaruh da bermanfaat banget buat kehidupan sehari hari. Untuk adik kelas berikutnya harus bisa serius dan fokus ikutin kegiatannya sampe tuntas, karna event ini tuh jarang banget didapet”. Nur Amalia Putri Kelas 5 D

“That so extremely Amazing!  Wow! Serunyaaaa bukan main.  Apalagi pas wide game. Seru, gak cuma peserta dari Darunnajah 2 cipining yang ikut dan semangat tapi semua peserta dari Darunnajah pusat dan cabagnya pun gak mau kalah asyik.  Belum lagi acara api unggul yang menguras air mata, yel yel bareng, dan masih banyak lagi.  Pokoknya seru abis”. Rizka Mawarni Kelas 5 D

“KMD 2018 itu seru banget.  Karna pengalaman yang gak akan pernah terlupakan.  Acaranya hanya diikuti oleh kelas 5 MA dan berasal dari berbagai pesantren darunnajah pusat dan cabangnya.  Awalnya sempet nyangka bahwa dengan peserta yang sebanyak ini kita gak akan akur dan kenal satu sama lain.  Ternyata itu semua salah, setelah kita kenalan, ikutin semua rangkaian acara bareng, kita bisa saling tukar cerita dan kerasa banget sisi kekeluargaannya.  Apalagi pas api unggun.  Semua peserta hanyut bersama dalam indahnya suasana malam terakhir kegiatan KMD yang cukup menguras air mata”.  Dwi mega puspita Kelas 5 D.

“Ana punya kesan setelah mengikuti kegiatan KMD di darunnajah 14 serang Banten.  Jujur aja ya, ana paling benci deh sama kegiatan yang berbau kepramukaan.  Entah kenapa gak suka aja sama kegiatan itu.  Karna dalam pramuka kita harus panas panasan di bawah teriknya matahari, gerak terus,  teriak sambil keluarin yel yelan, belum lagi dengan beberapa materi yang cukup Mengasah otak, kaya tebak tebakan sandi, morse, semphore dll yang bikin kepala jadi pusing. Tapi setelah ikutin kegiatan KMD ternyata pramuka tuh elu banget, dan gak membosankan. Diantaranya kita jadi punya banyak temen karna bisa ketemu sama peserta lainnya dari berbagai pesantren, pokoknya ada banyak hal seru dan terlupakan selama disana”.  Amelia Putri Kelas 5 D.

“KMD itu tempatnya sudah dan senang. Kmd tahun ini diadakan di darunnajah 14 nurul ilmi serang Banten.  Disini lah kita memulai kehidupan baru selama 6 hari untuk membahas dan mengupas materi maupun ilmu mengenai kepramukaan. Dalam perjalanan menuju pesantren darunnajah nurul ilmi santri kelas 6 begitu semangat dan gembira.  Tak henti hentinya kami mengucap syukur setelah sampai tujuan.  Keesokan harinya, acara dimulai. Lingkungan yang baru, teman bru.  Tempat baru dll.  Hari pertama sampai ketiga rasanya pengen banget pulang, gak betah.  Tapi setelah menjalani berbagai aktifitas dan kegiatan KMD di hari keempat dan selanjutnya, rasanya kok mulai nyaman dan malah sedih karna harus ninggalin bumi Perkemahan yang telah menjadi saksi keluh kesah, tangis dan tawa para peserta.  Diakhir acara sayonara antar peserta kmd pun dilakukan sebagai tanda perpisahan dan meninggalkan segala kenangan yang telah dibangun bersama”. Ridka Khoirunnisa Kelas 5 D.

“Menurut saya setelah mengikuti kmd, banyak sekali hal yang didapatkan. Ternyata ada banyak koreksian untuk kegiatan kepramukaan yang ada di Pesantren.  Dalam kegiatan KMD juga tidak melulu membahas tentang pramuka tapi juga berisi aneka gamis seru dan mengasyikkan.  Selain itu ada banyak teman baru, ilmu baru, dan pengalaman baru, seperti menjelajah ke tempat yang baru”. Wardah ramadhani Kelas 5 D.

“KMD 2018 itu wow banget. Karna sangat membantu kita dalam melatih diri dalam ilmu kepramukaan, meningkatkan kepercayaan diri, tanggung jawab, kepemimpinan dan masih banyak lagi. Dengan kmd kita jadi tahu sistem pendidikan dari berbagai sumber, saling mengenal satu sama lain, dan juga tahu berbagai wawasan baru. Awal mengikuti kegiatan tersebut, ana pribadi merasa sangat bosan dan lelah, tapi dengan kesabaran, dukungan satu sama lain, semangat serta motivasi dari pembina, kegiatan yang tadinya membosankan menjadi sangat mengasyikkan dan mengesankan. Maya Nirmala Sari Kelas 5 D.

“KMD itu menurut ana sendiri kegiatan yang emang sangat bermanfaat buat kehidupan sehari hari. Dari kegiatan ini ana jadi bisa lebih belajar mengenai kekompakkan, kebersamaan dll. Ada 1 kegiatan yang menurut ana seru banget dan tak terlupakan yaitu wife game.  Seperti biasa selain jalan jalankan luar buper kita juga diajak untuk berfikir menyelesaikan teka teki yang ada di setiap pos.  Selain itu juga malam api unggun. Yang isinya terdiri dari berbagai penampilan seru dari masing-masing kontingen.  Saat itu, terasa sekali suasana kekeluargaan antar pesantren darunnajah baik pusat maupun cabangnya”. Luthfiyah Nurrahmah Kelas 5 D.

“Kegiatan KMD itu acara yang sangat mengesankan, alhamdulillah saya bisa terpilih menjadi salah satu peserta the best ten. Gak nyangka banget. Semua itu berkat kerja keras, kesabaran dan dukungan dari teman-teman yang tidak pernah ada habisnya. Setiap kegiatan saya ikuti dengan baik tanpa ada yang terlewat satupun. Karna saya sadar kegiatan ini sangat langka dan jarang didapatkan. Selain itu, bukan Cuma materi yang saya dapatkan namun juga teman baru, ilmu baru bahkan aneka cerita baru yang kami rajut bersama”. Jannatun Nulu Kelas 5 D.

“Saya merasa bangga dan bersyukur pernah menjadi peserta KMD, karna di dalamnya ada banyak kegiatan seru dan bermanfaat.Kami diajarkan berbagai materi tentang kepramukaan dan pastinya memiliki banyak pengalaman. Terimakasih Pesantren Darunnajah yang telah mengadakan acara yang spektakuler ini”. Nayla Cahya Kelas 5 D.

Nah, terbukti kan bahwa para peserta KMD Ke-32 sangat senang dan bahagia mengikuti krgiatan yang ada. Walaupun awalnya terasa sulit dan harus adaptasi dengan lingkungan yang baru, namun lama kelamaan para peserta bisa berbaur bahkan sampai meneteskan air mata ketika harus berpisah satu sama lain. Semoga apa yang mereka dapatkan dalam kegiatan KMD mampu memberikan manfaat dan pengaruh yang signifikan untu kemajuan kepramukaan di Pesantren. Amin!

(WARDAN/Annisa)