Kenapa Darunnajah Cipining Budidayakan Lebah Madu?
Menu

Kenapa Darunnajah Cipining Budidayakan Lebah Madu?

Panen Madu di Pesantren Darunnajah Cipining

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Panen Madu di Pesantren Darunnajah Cipining
Panen Madu di Pesantren Darunnajah Cipining

Lembaga pendidikan Islam perlu dana kuat, bila bisa tidak mengandalkan donasi dari pemerintah, sehingga perjalanan dan proses pendidikan dan pengasuhan akan berjalan stabil dan berprogress.

Bila kita baca lembaran-lembaran perkembangan pendidikan Islam, tentu lembaga tersebut muncul rata-rata dengan pendanaan yang mapan. Pada masa kejayaan Islam, lembaga pendidikan diselenggarakan dan dibiayai oleh kekhalifahan, termasuk di Nusantara, biaya pendidikan ditanggung oleh kerajaan-kerajaan juga atau “majjanan”.

Hal inilah yang harus dipelajari dan dipraktikkan dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam. Yayasan harus kokoh dari segi finansialnya, tidak sekedar mengandalkan iuran peserta didik. Iuran peserta didik hanyalah sekedar untuk kebutuhan mereka sendiri, sedang untuk pengembangan dan perkaderan perlu ada usaha yang tangguh.

Berbagai kegiatan usaha terus digalakkan, sedikit demi sedikit. Toh pada akhirnya akan menggunung juga. Termasuk baru-baru ini, Pesantren Darunnajah Cipining mulai secara serius beternak lebah.

Bukan tanpa alasan memilih ternak ini. Hewan yang satu ini unik lagi spesial, ia merupakan salah satu nama surat dalam al-Qur’an, dan juga disebutkan sebagai salah satu obat mujarab oleh Nabi Muhammad. Dalam sabdanya beliau sampaiakan, jika tidak sehat ketika minum madu, maka yang salah adalah perutnya.

وَأَوۡحَىٰ رَبُّكَ إِلَى ٱلنَّحۡلِ أَنِ ٱتَّخِذِي مِنَ ٱلۡجِبَالِ بُيُوتٗا وَمِنَ ٱلشَّجَرِ وَمِمَّا يَعۡرِشُونَ ٦٨ ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسۡلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلٗاۚ يَخۡرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٞ مُّخۡتَلِفٌ أَلۡوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٞ لِّلنَّاسِۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَةٗ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ ٦٩

Madu Murni Pesantren Darunnajah Cipining, Sehat, Lezat, Berkualitas , Unggul dan Berkhasiat
Madu Murni Pesantren Darunnajah Cipining, Sehat, Lezat, Berkualitas , Unggul dan Berkhasiat

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”

Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Maka Pesantren Darunnajah Cipining bertambah yakin, bahwa lebah madu ini perlu dibudidayakan. Di samping profitnya menjanjikan, juga dari segi kesehatan sangat bermanfaat khasiatnya. Banyak orang membutuhkan madu, tetapi persediaan masih terbatas.

Tentunya seluruh kegiatan di Pesantren Darunnajah Cipining adalah pendidikan, maka lebah madu juga bisa dijadikan sebagai media pendidikan bagi santri. Mereka bisa diajarkan cara beternak lebah, sehingga sebagai bekal mereka ketika sudah lulus dari pesantren.[Wardan/Amins]

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan