Bulan Dzulhijjah merupakan Bulan Penuh Berkah selain Bulan Suci Ramadhan. Pada bulan ini terdapat banyak keistimewaan dan anjuran bagi ummat manusia untuk melaksanakan beberapa amalan sunnah bagi yang mampu. Diantaranya seperti melaksanakan Haji di tanah suci mekkah dan juga menyembelih hewan qurban.

Kedua amalan diatas memiliki keistimewaan yang sangat dicintai rasul dan allah. Pahala yang diberikannya pun sangat besar dan tak terhingga. Kedua amalan tersebut adalah amalan yang paling mulia selama bulan dzulhijjah, namun kembali lagi kepada tingkat kemampuan seseorang.

Tak hanya itu dibulan ini juga ummat manusia biasa dianjurkan untuk melaksanakan puasa arafah pada tanggal 9 dzulhijjah. Adapun keutamaan puasa arafah ini adalah insyaallah barang siapa yang menunaikannya maka akan dihapuskanlah dosanya selama 2 tahun, yakni 1 tahun yang telah lalu dan 1 tahun dosa yang akan datang (Hr. Muslim). Wallahu a’lam bishoab!

Yang tak terlupakan bahwa pada bulan ini juga ummat muslim memperingati idhul adha dengan melaksanakan sholat hari raya idhul adha. Semoga kita termasuk hamba yang diberi kesempatan oleh Allah untuk dapat melaksanakan amalan-amalan sunnah dibulan yang istimewa ini. Amin!

(WARDAN/Annisa)