Kegiatan Fathul Kutub Santri Kelas 5 TMI

Kegiatan Fathul Kutub Santri Kelas 5 TMI

Kegiatan Fathu Kutub Santri Kelas 5 TMI

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Share on telegram
Kegiatan Fathu Kutub Santri Kelas 5 TMI – Photo by Annurgraphy

CidokomPost – Sejak (09/11) Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 melaksanakan kegiatan Fathul Kutub untuk santri kelas 5 TMI. Dengan bimbingan dewan guru dan panitia kegiatan Fathul Kutub ini, Alhamdulillah semua berjalan lancar.

Fathul Kutub sendiri bermakna Fathu ialah buka atau membuka, berasal dari kata ‘fataha’ dan kutub ialah jama’ dari kitaabun (buku-buku). Kegiatan Fathul Kutub ini bertujuan untuk membuka dan mengasah kemampuan santri kelas 5 dalam menelaah kutub at-turots dan kitab-kitab kontemporer. Dalam kegiatan ini biasanya membahas materi dalam ilmu tauhid, fiqh, dan hadits.

Buku Adalah Jendela Dunia Yang Membantu Manusia Menjalankan Kehidupan – Photo by Annurgraphy

Kegiatan Fathul Kutub bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa arab santri dalam membaca, menulis, menerjemahkan dan memahami bahasa arab. Kegiatan ini juga memperluas wawasan santri tentang persoalan agama dan asal-usul suatu hukum. Tak hanya itu, santri juga akan menemukan sejarah ulama-ulama terdahulu dan kitab-kitab yang dikarang.

Jadikan Buku Sebagai Teman Terbaik Dalam Hidupmu – Photo by Annurgraphy

Mengapa kegiatan ini ditujukan hanya untuk santri kelas 6 dan kelas 5 TMI? Karena Kelas 5 TMI dianggap sudah mampu memahami kutub turots deangan berbekal bahasa yang mereka pelajari selama tiga atau lima tahun di Pondok Pesantren. Di kelas 5, Program ini baru sebatas pengenalan kitab-kitab dasar dan persoalan sederhana. Berbeda dengan santri kelas 6, mereka diperkenalkan dengan kitab yang bervariasi dan permasalahan yang lebih kompleks.

Semoga dengan adanya kegiatan Fathul Kutub ini dapat menjadikan kelas 5 dan kelas 6 mengetahui cakrawala keilmuan agama islam yang sangat luas dan kaya, menambahkan rasa cinta santri kepada ilmu pengetahuan, berharap dengan mengkaji kitab klasik ini santri semakin mengenal dirinya sendiri dengan mengaji diri. Kami berharap juga dapat menciptakan ulama-ulama dan pemimpin yang cerdas, ikhlas, dan selalu betafaqquh fiddin demi agama, bangsa dan dunia.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah