Kegiatan Fathu Kutub Santri Akhir TMI

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
blank
Suasana Kegiatan Fathu Kutub Santri Akhir TMI Putri – Photo by Annurgraphy

Cidokom Post – Sejak Sabtu (24/10) Pondok Pesantren Anur Darunnajah 8 mengadakan kegiatan tahunan Fathu Kutub untuk santri akhir TMI. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Satu Dasawarsa selama 5 hari sampai tanggal 28 Oktober.

Kegiatan Fathu Kutub adalah usaha lembaga untuk menjadikan dan membiasakan santri kelas akhir . Dan bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan Bahasa Arab mereka dalam mengkaji kitab-kitab turots. Juga melatih santri untuk berpikir kritis dalam sebuah permasalahan dengan diadakannya munaqosyah (diskusi).

blank
Jadikan Buku Sebagai Teman Terbaik Disetiap Langkah Hidup – Photo by Annurgraphy

Pembahasan dalam kegiatan Fathu Kutub mencakup perkara agama dan kemasyarakatan yang umumnya terjadi. Kegiatan ini juga menambah pengetahuan santri tentang hukum-hukum juga asal-usul hukumnya. Dalam pembahasannya, Fathu Kutub mengambil referensi dari Al-Quran dan Hadits. Kitab-kitab yang dikaji umumnya adalah kitab fiqih, tauhid, tafsir dan hadits.

blank
Munaqosyah Sebagai Kegiatan Yang Melatih Santri Berpikir Kritis – Photo by Annurgraphy

Adapun panitia yang membantu acara ini berlangsung. Panitia tersebut terdiri dari dewan guru TMI. Untuk mempermudah kegiatan, sistem dalam kegiatan ini adalah kelompok. Dalam setiap kelompok dibimbing oleh 1 Ustadz/Ustadzah. Jumlah santri dalam 1 kelompok terdapat 8-9 anggota.

Fathu Kutub sangat berguna bagi santri terutama dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan setelah lulus dari pondok. Dan membantu santri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat mengenai agama dan hukum islam.

blank

blank

blank

blank

blank

blank

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir