Pasar Cipanas Menjadi Target Blusukan untuk Memenuhi Pesan Kiai
Menu

Pasar Cipanas Menjadi Target Blusukan untuk Memenuhi Pesan Pimpinan Pesantren

Pasar Cipanas Cianjur Jawa Barat Indonesia

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pasar Cipanas adalah nama sebuah pasar yang terletak di Jl. Raya Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253, Indonesia. Pasar tersebut juga dekat dengan Kawasan Taman Bunga Nusantara. Pasar yang berada ditengah-tengah keramaian kota, menambah kesan yang sangat menarik para konsumen dan pengunjung. Letak pasar Cipanas juga sangat dekat dengan Istana Cipanas.

Pasar Cipanas Cianjur Jawa Barat Indonesia
Pasar Cipanas Cianjur Jawa Barat Indonesia

Dalam rangka apa bisa blusukan ke Pasar Cipanas?

Ini yang menarik untuk dijawab.

Yayasan Darunnajah tidak pernah kehabisan cara untuk terus memperjuangakan Pesantren Darunnajah agar lebih maju dan mejadi pesantren yang nomor satu di dunia. Mulai dari dunia pendidikan, dunia keagamaan, dunia dalam negeri maupun luar negeri serta masih banyak lagi.

Salah satu upaya peningkatan mutu dan kualitas Pesantren serta Guru-gurunya adalah, selalu mengadakan Pelatihan Admin Website Darunnajah secara rutin. Rutinitas ini dilakukan setiap satu bulan sekali, yang bertempatan di Vila Darunnajah, Cipanas Jawa Barat Indonesia. Kegiatannya selalu berbeda-beda, karena banyak materi yang harus disampaikan dan diikuti oleh seluruh peserta pelatihan.

Setiap Pesantren Darunanjah Pusat maupun Cabang, diwajibkan untuk mengirimkan utusannya sebagai perwakilan lembaga dalam mengikuti pelatihan. Selain materi yang berhasil disampaikan, tetapi juga diadakan praktek. Setelah itu evaluasi yang tujuannya sebagai perbaikan.

Khusus pelatihan dibulan Oktober ini, ada hal yang menarik dan berbeda, karena sebelum para peserta berangkat menuju tempat pelatihan di Cipanas, mereka dikumpulkan terlebih dahulu di Pesantren Darunnajah Pusat Jakarta, untuk mendapatkan pengarahan dan nasehat dari Pimpinan Pesantren, yaitu Drs.H. Sofwan Manaf, M.Si.

Tetapi, banyak peserta yang bertanya-tanya akan pesan dan permintaan beliau yang disampaikan diakhir acara, pesan tersebut adalah agar para peserta bisa pergi ke Pasar Cipanas yang letaknya dekat dengan tempat pelatihan. Beliaupun menentukan waktunya. Kapan? Tepat pada pukul 03.00 WIB tidak kurang dan tidak lebih. Mengapa? Alasan yang beliau sampaikan adalah, karena waktu-waktu tersebut, semua orang sudah memulai aktivitasnya masing-masing. Peserta hanya diwajibkan datang, melihat, memperhatikan, meneliti, serta mengamati semua kegiatan yang ada dipasar tersebut.

Bila perlu ambil gambar dan ceritakan kembali kejadian yang ada di pasar tersebut dalam bentuk tulisan. Beliau juga menjelaskan, bahwasannya orang atau masyarakat diluar sana tidak pernah menyia-nyiakan waktu mereka dengan kegiatan yang tidak bermanfaat. Bangun lebih awal adalah kunci utamanya. Orang lain saja bisa mulai aktivitas dengan cepat. Tetapi lihatlah keadaan kita sekarang, apa yang sering kita lakukan pada waktu tersebut? kebanyakan dari kita, masih dalam keadaan terkapar di pulau kapuk (terlelap dalam tidur dan bermimpi yang tak ada ujungnya).

Perkataan seorang Kiai atau Pimpinan Pesantren selalu mengandung arti serta do’a yang mendalam. Dengan tekad dan niat ingin mendapatkan keberkahan ilmu, akhirnya para peserta banar-benar melaksanakan apa yang di inginkan oleh Drs.H. Sofwan Manaf, M.Si.

Yakin Bisa Bangun untuk Pergi Ke Pasar?

Pasar Cipanas Ketika Pagi Hari
Pasar Cipanas Ketika Pagi Hari

Berbagai macam cara telah dilakukan. Didampingi setumpuk tugas dan ujian dalam pelatihan, peserta merasa sangat seru dan asyik, sehingga tidak merasakan rasa kantuk yang tinggi, hingga tibalah waktu untuk pergi ke Pasar. Yaitu tepat pada pukul 03.00 WIB. Sampailah para peserta di Pasar Cipanas. Kalian tau apa yang terjadi?

Waw, benar-benar dahsyat!

Pengalaman dan keadaan yang sangat berbeda dan tidak pernah kami temui sebelumnya. Dinamika yang terjadi dipasar tersebut sangat-sangat cepat. Semua orang terlihat sibuk dan fokus terhadap tujuan, kebutuhan dan pekerjaannya masing-masing. Cara dan gaya jalan yang sangat cepat, membuat fokus mata memandang. Tidak ada satu orangpun yang terlihat berleha-leha, bercanda apalagi sampai menganggur. Para pedagang memberikan sapaan yang sangat ramah dan menampakkan rasa siap sedia melayani para pembeli yang datang.

Pilihan yang disediakan sangat bervariasi, hal tersebut memberikan kemudahan dan kebebasan para pembeli untuk memilik berbelaja kebutuhan. Tempat dan bangunan yang stategis, menambah leluasa semua komponen yang ada di pasar tersebut. Barang-barang dan berbagai macam kebutuhan telah disediakan ditempat yang sesuai. Beberapa kebutuhan pokok yang tersedia adalah, sayuran segar, buah-buahan yang sangat merona, makanan hangat yang menggoda selera, pakaian santai hingga tegang juga ada di pasar tersebut.

Hal yang membuat kami tekejut, ketika barang-barang belanjaan yang diangkut menggunkan Mobil Pic Up dan baju saja sampai dipasar, bahkan belum sembat ditata rapi, sudah langsung diserbu habis oleh pembeli. Masing-masing orang terlihat puas dengan apa yang mereka dapatkan dan belanjakan. Terbukti dari gagahnyam membawa barang belanjaan menuju rumah. Seberat apapun barang belanjaan itu, mereka tetap bangga dengan kepemilikannya saat ini.

Kalian Tau Apa Arti Filosofi Pasar Cipanas ini?

Pesantren adalah Pencetak mimpi
Pesantren adalah Pencetak mimpi

Jika dilihat dan diamati dari berbagaimacam sudut, semua dinamika yang ada di Pasar Cipanas, sama dengan yang dilakukan para santri dan penuntut ilmu di Pesantren. Besungguh-sungguh dalam mejalankan kagiatan, fokus pada tujuan utnuk menyampai kesuksesan, mempersiapkan segala sesuatu dengan sendirinya. Disambut hangat oleh semua guru ketika dalam proses pendidikan. Hingga para santri berhassil mencapai impaian yang mereka impikan.

Inilah nilai-nilai pesantren yang terus tertanamkan, dimunculkan dan wajib ada dalam setiap kegaitan yang sedang diselenggarakan. (Wardan/Mbafer)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA DARUNNAJAH JAKARTA

بسم الله الرحمن الرحيم SURAT KEPUTUSAN 67.A/PPSB-TMI/DN/VI/2020 TENTANG HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA TARBIYATUL MUALLIMIN/AT AL-ISLAMIYAH (TMI) PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH TAHUN AJARAN 2020-2021