Pertanyaan inilah yang membuat santri penasaran dengan  jawabannya.

Tempat yang disebut penjara suci, pandangan yang asri, bangunan menjulang tinggi, orang-orang berpakaian rapi, merekalah para santri yang berpotensi dan berprestasi, penuh mimpi dan berjuang tanpa henti.

Bangunan degan seribu kubah, menunjukkan karakter guru dan santri yang amanah. Fasilitasnya lengkap, mulai dari masjid, asrama, kelas, lab komputer, auditorium, perpustakaan dan masih banyak lagi.

Berbagai macam ekstrakurikuler diajarkan, menambah semangat para santri untuk terus berkreasi. Banyak kejuaraan yang sudah diraih, dari bidang kepramukaan, seni beladiri, cabang olahraga sampai tingkatan karya ilmiah, dan lomba-lomba lain yang mengasah otak.

Bahkan, setiap tahun pesantren selalu memberangkatkan alumni yang lolos beasiswa keluar negri. Karena tidak hanya menjelajahi hutan, tetapi berbagai negarapun berani mereka jelajahi.

Pesantren yang memiliki lima kampus, dengan lembaga pendidikan terlengkap, mulai dari Paud, TK, SD, MTs, SMP, MA, SMK, semua ada. Dan lembaga tersebut sudah terakreditasi A.

Pemerintah dan masyarakat sudah mengakui kualitas pesantren Darunnajah 2 Cipining, karena banyaknya santri yang berasal dari Sabang sampai Merauke.(Wardan/Fera Indriani)