Tanggal 16 Maret 2016 seluruh anak Organisasi santri putri Al Hasanah Darunnajah 9 Pamulang yang meliputi kelas 4 dan 5 pergi Rihlah yang dituju Gontor Putri 1,2 dan 3 untuk mempelajari bagaiaman menjadi yang baik.
Disitu kami menemukan bagaian yang meliputi, ketua, sekretaris, bendahara, bahasa dll, di Pondok Modern Gontor ada yang disebut dengan OPPM atau Organisasinya pondok modern gontor.
Di Gontor Putri 1 sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk keperluan santri, tidak perlu keluar pondok lagi untuk mendapatkan kebutuhan sehari – hari santri, kamipun dibimbing oleh beberapa OPPM untuk mengelilingi daerah di Gontor putri 1 dan mengetahui kamarnya seperti apa, dapurnya bagaimana, koperasi, kantin dll.
Kamipun diajak ke aula untuk mendengarkan sambutan dari pengasuh gontor yang menjelaskan asal – usul gontor putri 1 berdiri, setelah selesai berkeliling di gontor putri 1 kamipun diajak untuk ke gontor putri 2 jumlah santrinya disana masih sedikit dan lingkunganya masih asri.
Di Gontor putri 1 kamipun melihat beberapa bidang usaha yang dikelolah sendiri oleh para santri, seperti pembuatan roti, susu, air mineral yang diberi nama latansa, setelah siangnya puas berkeliling malampun kami diajak untuk menyaksikan kegiatan LPK ( Latihan Pembina Kepramukaan).
Semoga menambah semangat para pengurus ketika sudah kembali ke Pondok pesantren Putri Al Hasanah Darunnajah 9 pamulang.

Oleh : Alfina Yasmin