Menu

Kapan Anak Siap Mengawali TK dan SD

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kapan siap masuk TK, jawabannya bisa beragam untuk masing-masing anak. Umumnya, usia empat tahun ideal untuk mengawali TK, umumnya usia empat tahun cukup ideal untuk mengawali TK, atau bisa ditoleransi hingga lima bulan sebelumnya, dengan catatan telah memenuhi criteria kesiapan minimal dari berbagai segi. Hati-hati dengan perbedaan usia walau hanya sebulan, harus tetap diperhitungkan. Bagi anak balita, beda usia sebulan bisa menyebabakan perbedaan kematangan yang jauh. Anak berusia tiga tahun enam bulan bisa berbeda jauh dengan usia tiga tahun tujuh bulan.

Namun demikian, untuk mengawali TK tidak bisa diterapkan patokan kemapuan terlalu kaku, karena pada usia ini kemajuan anak masih sangat ditentukan oleh dorongan motivasi dari orang tua dan gurunya. Jika usia telah telah cukup tetapi anak masih memiliki perkembangan yang belum memenuhi syarat, itu semua bisa dipacu dengan bantuan kerjasama orang tua dan guru nantinya di TK. Sebaliknya , fase perkembangan tak bisa terlalu dipercepat, sehingga anak yang berusia tiga tahun enam bulan terlalu sulit untuk dipaksa mengikuti perkembangan kakak-kakaknya kelak di TK. 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Biografi Maulana Malik Ibrahim (1404-1419 M)

Maulana Malik Ibrahim rah.a putra dari Syekh Jumadil Kubra (Maulana Akbar)[1]. Pada umumnya, silsilah Maulana Malik Ibrahim dianggap termasuk keturunan Rasulullah SAW, Meskipun masih terjadi