AvNRnDW4jDJEoNZI8SkLh6VWi8mH3Zcy35e6siUI-Too

Karya Ilmiyah Selasa 9 Februari 2016

TANGERANG/Dn9 – Seperti biasanya setiap selasa pagi ba’ada sholat subuh asatidz di pondok putri Al Hasanah Darunnajah 9 mengadakan tambahan ilmu dengan mengadakan diskusi mingguan.

Dalam kesempatan pagi ini Selasa, 9 Februari 2016 yang menyampaikan materi adalah Usth. Suriyati, yang membawakan materi tentang sholat.

Sholat merupakan kewajiban bagi seluruh makluk Allah khususnya umat muslim, sholat merupakan pendekatan diri hambaya dengan sang pencipta.

Dalam dasarnya ilmu fiqih yang dipelajari diawal pembahasannya tentang kebersihan/thaharoh hal ini berkaitan dengan sholat, karna setiap orang yang mau sholat harus keadaanya bersih dari segala hadas atau najis.

Sholat itu sendiri ada yang wajib atau keharusan dilakukan ada yang sunnah dilaksanakan, sholat yang wajib dilakukan yang 5 kali dalam sehari semalam dilakukan, sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Sholat Isya.

Solat sunnah ada juga yang diutamakan, yaitu sholat sunnah 2 rakaat qobla subuh, ini disampaikan oleh pimpinan kalau masih masbuk atau terlambat sholat subuh ditidak mau pahala yang lebih besar. karna orang sholat dua rakaat sebelum subuh mendapatkan pahala yang besar, yaitu lebih baik dari dunia dan isinya.

Melaksanakan sholat itu lebih utama dilakukan secara berjama’ah, jika kita melakukan sholat sendiri – sendiri di akan mendapatkan pahala tidak sebanyak sholat berjama’ah, sholat berjamaah mendapatkan 27 derajat pahalanya.

Nabi Muhammadpun berkata kepada para sahabat, siapa yang tidak melaksanakan sholat berjama’ah dimasjid maka Nabi kalau menemukan hal itu akan dibakar rumahnya.

Marilah kita bersma – sama melaksanakan sholat dengan khusu dan istiqomah muda – mudahan bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.